Ironi Apel Khas Kota Batu Lambat Laun Semakin Sirna

Apel khas Kota Batu.
Sumber :
  • Istimewa/Gendut

Malang, VIVA – Buah apel ikon Kota Batu semakin sirna, keberadaanya terus berkurang setiap tahun. Para petani sudah jarang menanamnya, penyebabnya hasil panen tidak sebanding dengan biaya perawatan. 

Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

Jika dibiarkan tentu keadaan ini semakin mengkhawatirkan. Untuk menutup biaya hidup banyak petani yang beralih fungsi menanam komoditi lain seperti jeruk dan sayur mayur yang hasilnya lebih menggiurkan.

Tapi itu tak berlaku bagi Sudarmawan, seorang petani apel asal Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Dia masih memilih apel demi mempertahankan ikon Kota Batu, walaupun hasilnya tak sebanding. 

Pembelaan Arema FC Soal Predikat Tim Liga 1 Paling Sering Dapat Penalti

"Saya dan beberapa petani di Tulungrejo masih bertahan untuk bertani apel, meskipun hasilnya tidak ada, merugi. Hasil panen gak bisa menutupi biaya produksi," katanya, Sabtu 17 Juni 2023.

Meski masih memilih bertani apel, namun Sudarmawan menargetkan bila kerugian terus dialami dalam kurun waktu dua tahun mendatang, tentu dirinya bakal kapok, pasalnya kebutuhan hidup keluarganya harus ia penuhi. 

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

"Sejauh ini kami memang masih bertahan, maksimal dua tahun. Setelah itu bila saja masih merugi ya gak mungkin bertahan. Tentunya beralih tani lain misal jeruk yang mudah dan biaya produksinya murah," tuturnya.

Kerugian petani disebabkan biaya produksi yaitu harga pupuk dan obat-obatan terus meningkat. Pupuk bersubsidi dari pemerintah keberadaanya juga sulit dicari.

Halaman Selanjutnya
img_title