Di Momen Libur Lebaran, Apel Batu Jadi Buruan Wisatawan

Penjual oleh-oleh khas Kota Batu
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Gelombang kedatangan wisatawan ke Kota Batu di momen libur lebaran, membawa berkah bagi pedagang oleh-oleh setempat. Buah tangan khas Kota Wisata Batu banyak diminati oleh masyarakat yang berlibur di daerah dingin ini. 

Motivasi dari Widodo C Putro untuk Pemain Arema FC Usai Tumbang Dari Persebaya

Oleh-oleh yang paling diminati adalah buah apel. Daerah ini sejak dahulu memang dikenal sebagai sentra pertanian apel. Pantas saja, saat wisatawan berkunjung selalu membeli apel ataupun aneka makanan olahan berbahan dasar apel. 

Salah satu toko penjual oleh-oleh Khas Kota Batu adalah Outlet Tani di Jalan Ir Soekarno, Junrejo. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan yang sedang berlibur ke Kota Batu. Biasanya, wisatawan yang belanja sehabis berlibur dan sedang perjalanan pulang menuju daerah asal. 

KoinWorks Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi Melalui Yoga

Penjaga Outlet Tani, Tamara Tiadi Anggraeni (22 tahun) mengatakan, bahwa kenaikan penjualan terjadi sejak awal libur lebaran. Buah tangan yang paling dicari adalah apel dan aneka kripik olahan. Mulai dari kripik buah hingga kripik tempe. 

"Pengaruh penjualan 60 sampai 70 persen. Jika biasanya 10 sampai 15 kilogram. Sekarang libur lebaran sehari bisa 20 sampai 25 kilogram apel," kata Tamara, Rabu, 26 April 2023. 

Taman Krida Budaya Jatim Bakal Dibangun Jadi Hotel Berbintang dan Sentra Kuliner

Apel yang mereka jual dipetik langsung dari lahan para petani setempat. Ada 3 jenis apel yang mereka jual, yakni Apel Manalagi, Apel Rome Beauty dan Apel Anna. Harganya pun cukup terjangkau yakni Rp5 ribu per kilogram hingga Rp35 ribu per kilogram tergantung ukuran dan kualitas buah. 

"Apel ini masih primadona karena memang Kota Batu terkenal dengan buah apelnya. Peminatnya masih cukup banyak. Mereka rata-rata pembeli dari luar daerah Malang Raya," ujar Tamara. 

Halaman Selanjutnya
img_title