Surat Asa Keadilan dari Arek Malang Untuk Presiden Jokowi

Aksi turun jalan Aremania
Sumber :
  • Viva Malang / Halik Kusuma

MalangTragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 menjadi catatan kelam sepak bola tanah air. Duka Tragedi Kanjuruhan sampai saat ini masih membekas dan melukai hati Arek-arek Malang. Nahasnya penanganan kasus ini cenderung jalan di tempat. 

Dukung Persiapan Arus Mudik Lebaran, Polisi dan TNI di Jombang Sidak SPBU

Sebanyak 135 nyawa meninggal dunia pada malam memilukan itu. Seorang anak bernama Cahaya Meida Salsabila bocah kelas 5 SD di Tumpang berlarut-larut dalam kesedihan ditinggalkan oleh kakak dan ayah tercintanya akibat Tragedi Kanjuruhan. Dia jatuh sakit, hingga ajal menjemputnya. 135 plus 1 bukan hanya sekedar angka. Tetapi mereka adalah korban Tragedi Kanjuruhan. 

Gerakan perlawanan di Malang terus tumbuh. Secara bergelombang demonstrasi besar-besaran dilakukan oleh Aremania karena merasa tidak puas dengan penanganan Tragedi Kanjuruhan yang hanya berhenti di 6 tersangka. 

Usai Dipecundangi Persebaya, Widodo : Kecewa Secukupnya Tatap Laga Selanjutnya

Gerakan simpatik lainnya juga dilakukan Aremania. Mereka bakal mengirim surat untuk Presiden Joko Widodo. Sebagai bagian dari anak bangsa mereka ingin keberpihakan pemerintah dalam urusan kemanusiaan. 

Tragedi Kanjuruhan bukan hanya urusan suporter tapi ini urusan kemanusiaan. Karena Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dengan jelas menyatakan bahwa Tragedi Kanjuruhan adalah pelanggaran HAM. 

Motivasi dari Widodo C Putro untuk Pemain Arema FC Usai Tumbang Dari Persebaya

"Harapan keadilan tidak akan pernah surut bagi Arek-arek Malang. Surat ini tidak akan hanya berwujud simbolis, tapi lebih kepada pesan tegas bahwa tidak ada tengat waktu bagi Arek Malang untuk memintakan keadilan bagi 136 nyawa dan korban luka-luka lainya," kata Jubir aksi kirim surat cinta ke presiden Rama Charis, Selasa, 15 November 2022. 

Aksi kirim surat bakal dilakukan pada Kamis, 17 November 2022. Mereka akan melakukan longmarch dari Stadion Gajayana, Kota Malang menuju ke Kantor Pos Cabang Malang di Jalan Merdeka Selatan, Kota Malang. Gerakan ini bersifat terbuka, siapa saja dari elemen manapun diperbolehkan turut serta dalam gerakan kirim surat. 

Halaman Selanjutnya
img_title