Selama 8 Jam Tim Forensik Lakukan Autopsi Jenazah Nastya dan Naila

Ketua tim Forensik Nabil Bahasuan
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Proses autopsi pada dua jenazah korban Tragedi Kanjuruhan oleh tim Forensik berlangsung hingga 7 jam. Autopsi dilakukan sejak pukul 08.15 WIB hingga 15.50 WIB, Sabtu, 5 November 2022 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Pathuk, Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. 

Perusahaan Rokok Asal Korea Investasi Pembangunan Pabrik Senilai Rp6,9 Triliun di Pasuruan

Dua jenazah yang diautopsi putri dari Devi Athok Yulfitri (48 tahun) warga Kecamatan Bululawang, Malang. Mendiang merupakan sepasang kakak adik Natasya Debi Ramadani (16 tahun) dan Naila Debi Anggraini (13 tahun).

Ketua Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) Cabang Jatim sekaligus ketua tim Forensik Nabil Bahasuan bersyukur telah menyelesaikan autopsi ini. Pemeriksaan yang dilakukan mulai dari pemeriksaan luar, pemeriksaan dalam dan pemeriksaan penunjang. Setelah melakukan autopsi mereka akan memberikan laporan hasil autopsi kepada penyidik. 

Pembelaan Arema FC Soal Predikat Tim Liga 1 Paling Sering Dapat Penalti

"Allhamdulilah tim PDFI Cabang Jatim bisa menyelesaikan ekshumasi autopsi ini. Kami sudah melakukan serangkaian pemeriksaan luar pemeriksaan dalam dan pemeriksaan penunjang. Sekarang saya minta doa pada masyarakat pada tim PDFI Jatim untuk bisa memberikan laporan hasil autopsi tadi," kata Nabil. 

Nabil menuturkan, bahwa autopsi berjalan selama hampir 8 jam karena terkendala proses penggalian. Nabil menyebut tidak ada kendala berarti dalam proses ekshumasi. Hanya saja proses penggalian memakan waktu yang cukup lama.  

Opini : Kemenangan Prabowo Gibran dan Mimpi Indonesia Emas 2045

"Memang agak lama karena terkendala penggalian. Tentunya proses pembusukan ya seperti biasa karena sudah lebih satu bulan," ujar Nabil. 

Nabil mengungkapkan bahwa sampel penunjang yang diambil akan dibawa ke labolatorium independen. Soal kapan hasil autopsi keluar, dia menyebut paling lama 8 pekan atau 2 bulan. Secara detail hasil pemeriksaan akan dijawab melalui laporan visum. 

Halaman Selanjutnya
img_title