Pesan Presiden Jancukers di Pilkada Batu, Paslon Harus Berjiwa Sportif dan Legowo Jaga Kedamaian

Ikrar Pilkada Damai di Kota Batu
Sumber :
  • VIVA Malang (Galih Rakasiwi)

Batu, VIVA – Deklarasi Ikrar Damai Pilkada Serentak 2024 Kota Batu yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Kota Batu berlangsung penuh semangat Terlebih juga dihadiri tokoh budayawan Sujiwo Tejo, yang kerap dijuluki "Presiden Jancukers" di Balai Kota Among Tani, Selasa 24 September 2024.

Acara ini dihadiri oleh ketiga pasangan calon (Paslon) yang akan berkompetisi dalam Pilkada Kota Batu 2024, yaitu Paslon nomor urut satu Nurochman-Heli Suyanto (NH), Paslon nomor urut dua Firhando Gumelar-H. Rudi (GURU), serta Paslon nomor urut tiga Kris Dayanti-Kresna Dewanata Prosakh (KRIDA).

Kehadirannya menambah warna dalam upaya bersama untuk menjaga kedamaian dan sportivitas dalam Pilkada Serentak 2024 Kota Batu, terutama dengan pesan-pesan bijak yang disampaikan secara khas dan santai.

Dalam pidatonya, Sujiwo Tejo menggarisbawahi pentingnya sikap legowo bagi calon yang kalah dalam kompetisi politik. 

"Ikut pencalonan harus siap kalah dan memiliki rasa legowo, meskipun dalam budaya kita tidak terbiasa mengaku kalah. Namun, sportivitas itu penting, jadikan kekalahan sebagai masa lalu yang bisa dijadikan bahan bercanda," ujarnya.

Suasana semakin cair ketika Sujiwo Tejo membandingkan Pilkada dengan permainan catur, menggambarkan bahwa dalam politik, seberapa serius pun persaingan, pada akhirnya semua itu adalah permainan.

"Seserius apa pun catur, itu tetap permainan. Seserius apa pun cekcok politik, itu cuma main-main. Suasana ini yang harus kita jaga agar damai," ucapnya sembari tersenyum.