Firhando Gumelar Ingin Setiap Kegiatan Pemerintah Libatkan Pelaku Seni

Firhando Gumelar mendatangi seniman Bantengan Kota Batu
Sumber :
  • Tim Mas Gum

Batu, VIVA – Blusukan menyapa masyarakat Kota Batu terus dilakukan oleh bakal calon wali kota (Bacawali) Firhando Gumelar. Seperti beberapa waktu lalu ia mendatangi para pelaku seni di Kota Batu 

Mas Gum sapaan akrabnya memiliki keinginan agar Kota Batu ke depan memberdayakan pelaku seni budaya dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh pemerintah maupun pelaku usaha di Kota Batu. 

"Seni budaya merupakan pondasi bangsa Indonesia. Untuk itu saya ingin ke depan bisa menggandeng palaku seni budaya dalam setiap kegiatan besar yang digelar. Utamanya pelaku seni budaya yang ada di Kota Batu," ujarnya, Senin, 12 Agustus 2024.

Menurutnya Kota Batu membutuhkan sebuah aturan yang wajib melibatkan pelaku seni budaya di Kota Batu. Dengan begitu pelaku seni budaya bisa berdaya dan melestarikan karya-karya mereka kepada anak cucu. 

"Dengan aturan daerah (Perda) yang berpihak kepada pelaku seni, maka bisa dipastikan pelaku seni budaya bisa berdaya dan melestarikan karya-karya mereka kepada anak cucu. Bahkan paguyuban seni akan terus bertumbuh dan menjadi ladang pekerjaan," tuturnya.

Sehingga dengan adanya aturan bagi pelaku seni budaya, diharapkan oleh Calon Wali Kota Batu yang mengusung Visi Misi Sejuk (Sejahtera, Ekologis, Jujur, Ulet dan Kreatif) ini pelaku seni tidak lagi menghidupi seni budaya seperti yang dilihatnya saat ini. Tapi sebaliknya mereka akan hidup dari seni budaya.  

"Ini butuh kehadiran pemerintah daerah. Ini bisa berjalan ketika nanti pemerintah dan DPRD menjadikan pelaku seni sebagai subjek untuk melibatkan dan merancang aturan yang berpihak kepada pelaku seni. Karena saya melihat pelaku masih menjadi objek atau minim dilibatkan dalam mengambil kebijakan," kata Calon Wali Kota Batu kelahiran 25 Desember 1996.