Cuaca Ekstrem Sebabkan Pohon Tumbang, BPBD Imbau Warga Batu Hati-hati

Petugas tengah melakukan sterilisasi pohon tumbang.
Sumber :
  • BPBD Kota Batu

Batu, VIVACuaca ekstrem angin kencang menyebabkan satu pohon tumbang di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Batu, Kota Batu pada pukul 10.40 WIB, Sabtu, 12 Oktober 2024 pagi. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu membenarkan bahwa pohon tumbang disebabkan oleh cuaca ekstrem yang melanda Kota Batu selama masa pancaroba.

"Pohon yang tumbang adalah pohon jenis Sono Kembang dengan diameter batang sekitar 20 cm dan tinggi mencapai 10 meter. Pohon tersebut sudah dalam kondisi kering dan rapuh, sehingga tidak mampu menahan angin kencang yang terjadi selama cuaca ekstrem," katanya.

Akibatnya, pohon tersebut tumbang dan menimpa kabel telekomunikasi di sekitar lokasi kejadian. Meskipun demikian, kabel yang tertimpa tidak sampai putus, dan tidak ada gangguan besar yang dilaporkan.

"Beruntung dari kejadian itu tidak ada kerusakan serius maupun korban jiwa atau luka-luka. Lokasi saat ini juga sudah disterilkan oleh petugas gabungan agar para pengendara bisa melintas," ujarnya.

Agung menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati saat ini, terutama saat melintasi area yang rawan pohon tumbang. 

"Kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan, khususnya ketika terjadi angin kencang. Perhatikan area sekitar, terutama yang banyak pohon besar dan tua," tuturnya.