Pembangunan Ekoriparian Blumbang Macari Dapat Suntikan Dana Rp1,7 Miliar

Ekoriparian Blumbang Macari, Kota Batu.
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Menjaga kelestarian sumber daya air di tengah perkembangan daerah perkotaan adalah tantangan yang harus dihadapi Kota Batu, terutama dengan banyaknya sumber mata air yang tersebar di berbagai titik. 

Salah satu yang menjadi fokus utama adalah Blumbang Macari, sebuah sumber mata air yang terletak di Dusun Macari, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu. 

Blumbang Macari, yang berada di pusat kota, kini mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Untuk menjaga kelestarian sumber airnya, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan suntikan anggaran sebesar Rp1,7 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan ekoriparian di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Muji Dwi Leksono menjelaskan pembangunan ekoriparian ini merupakan bagian dari upaya besar untuk menjaga kelestarian sumber mata air di Kota Batu. 

"Untuk menjaga kelangsungan sumber mata air, Kota Batu tahun 2024 ini mendapatkan program pembangunan ekoriparian dari KLHK. Pembangunan ini bersumber dari APBN dengan total anggaran sebesar Rp1,7 miliar, dan pengerjaannya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat yang tergabung dalam KSM Hizdbullah," ujar Muji pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Selain itu, ia menambahkan bahwa ekoriparian bertujuan untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan, menjaga keseimbangan ekosistem air, dan memastikan keberlanjutan sumber daya air.

"Selain menjaga dan memperbaiki kualitas air, pembangunan ekoriparian ini juga diharapkan dapat mengembangkan kelestarian lingkungan hidup di sekitar sumber air," katanya.