Warga Nganjuk Beli LPG di Jombang Sebabkan Kelangkaan, Ini Kata Pertamina

Tabung gas LPG 3 kilogram di Pangkalan.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Adanya kelangkaan tabung gas LPG 3 kilogram di Desa Sengon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mendapat respon dari pihak Pertamina.

Manager comm Rel dan CSR Pertamina Patra Niaga, Ahad Rahedi mengatakan adanya pembelian secara besar-besaran gas elpiji 3 kilogram oleh warga Kabupaten Nganjuk. Mereka beli di Jombang, dikarenakan penjual dan pembeli kurang memahami jenis segel tabung gas.

Padahal sesuai warna segel pedagang di tingkat pangkalan seharusnya dapat mengenali bila tabung gas elpiji 3 kilogram itu, hanya diperuntukkan untuk daerah tertentu.

"Tabung LPG 3 kilogram dapat dikenali peredarannya dari segel (seal cap) yang melekat di tutup tabung. Setiap kabupaten memiliki warna yang berbeda-beda," kata Ahad, Kamis, 19 September 2024.

Lebih lanjut pihaknya pun menegaskan bahwa untuk segel, bisa dipastikan berbeda antar daerah, seperti segel tabung gas elpiji untuk Kabupaten Jombang dan Nganjuk jelas berbeda warna.

"Untuk Kabupaten Nganjuk memiliki warna segel ungu, sedangkan Kabupaten Jombang memiliki warna hijau tosca," ujarnya.

Ia mengaku pembedaan segel tabung ini dilakukan untuk melacak peredaran gas elpiji 3 kilogram bagi warga miskin. Sehingga tabung gas elpiji 3 kilogram tidak sampai beredar keluar dari wilayah yang ditentukan.