Polresta Malang Kota Berangkatkan Puluhan Warga Balik ke Jakarta

Mudik gratis Polresta Malang Kota
Sumber :
  • Viva Malang

MalangPolresta Malang Kota memberangkatkan 80 pemudik menuju Jakarta dan Semarang secara gratis pada Jumat, 28 April 2023. Mereka diangkut dengan dua bus menuju Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, bahwa program ini sesuai arahan dari Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Jawa Timur Irjen Toni Harmanto. Polisi pun turut mengawal rombongan dua bus ini demi memastikan keamanan warga yang mudik hingga tiba di Jakarta. 

"Kita memberikan rasa aman, memberikan kesempatan balik mudik kepada warga masyarakat sekitar Kota Malang. Kami berharap dengan memberikan balik mudik gratis ini tidak melihat dari esensi apapun tetapi bahwa kepolisian hadir di tengah-tengah masyarakat," kata Budi. 

Awalnya ada 99 orang yang akan diberangkatkan namun data terakhir hanya 80 orang saja, 10 orang membatalkan diri dan sisanya ikut Polres Malang. Sebelumnya, pendaftaran dilakukan sejak 24 hingga 26 April 2023 di Polresta Malang Kota. 

"Selain Operasi Ketupat 2023. Sampai dengan baliknya juga kita kawal. Kita ingin sama-sama untuk menciptakan Kota Malang ini kota yang aman, tentram, terus kota yang penuh dengan toleransi," ujar perwira yang akrab disapa Buher. 

Salah satu warga yang memanfaatkan momen balik gratis ke Jakarta adalah Santi Kustianti (36 tahun) warga Cilincing, Jakarta Utara. Dia merasa terbantu dengan adanya program balik gratis ini. Katanya, dengan program ini dia bisa berhemat karena tidak mengeluarkan biaya. 

"Sangat. Sangat terbantu. Ya lumayan lah (hemat). Saya daftarnya ini online," tutur Santi.