Jalur Stasiun Sumberpucung - Pohgajih Sudah Aman

Jalur Kereta Api Sumberpucung - Pohgajih
Sumber :
  • Istimewa

MalangJalur kereta api antara Stasiun Sumberpucung - Pohgajih sempat terkendala longsor pada Selasa, 18 Oktober 2022 pukul 16.44. Namun, setelah dilakukan perbaikan, jalur tersebut sudah bisa digunakan kembali. 

"Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka seluruh kereta api dari dan menuju Malang dapat kembali beroperasi," ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Luqman menjelaskan, KAI telah mengerahkan puluhan pekerja beserta perlengkapan lain untuk menyingkirkan material longsor yang menutup akses rel pada KM 85 +4/5 serta beberapa titik lainnya yang yakni KM 84+8/9, KM 82+6/7, KM 81+3, KM 86+2/3, KM 82+400/500, KM 83+900/000 antara Stasiun Sumber pucung - Pohgajih.

“Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat jalur KA (kereta api) terkena longsor di wilayah tersebut," ujar dia.

Demi pertimbangan keselamatan, saat melintasi jalur tersebut kecepatannya dibatasi maksimal lima kilometer per jam. Secara bertahap, petugas akan melakukan pembersihan dan pengawasan sehingga kecepatan KA dapat berjalan seperti normal.

Hingga saat ini, proses normalisasi tersebut terus berjalan walaupun situasi dilapangan cukup menyulitkan karena kondisi cuaca hujan disertai material longsor batu dan lumpur yang banyak.

“KAI akan terus melakukan peningkatan kemampuan pada jalur tersebut sehingga lintas tersebut dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal,” kata dia.