Dikbud Jombang Sukseskan Gelaran Jombang Carnival pada Acara Jombang Fest 2024

Plh Kepala Dikbud Jombang, Wor Windari
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memastikan acara Jombang Carnival pada agenda akbar Jombang Fest 2024 yang dimulai sejak 14 sampai 24 Oktober 2024.

Event Jombang Carnival, menjadi salah satu agenda yang bertujuan mensosialisasikan setiap potensi wilayah, baik ekonomi, budaya hingga sejarah yang ada di seluruh Kabupaten Jombang.

Plh Kepala Dikbud Jombang, Wor Windari menjelaskan, kegiatan Jombang Carnival akan digelar pada Sabtu 19 Oktober 2024, untuk menyambut hari jadi Pemkab Jombang yang ke-114 dan Hari Santri Nasional.

"Kita mengenakan konsep pawai mobil hias atau parade, dengan rute Gor Merdeka Jombang, Jl KH Abdurrahman Wahid, hingga berakhir di Perempatan Kebon Rojo," katanya, Selasa 15 Oktober 2024.

Ia menegaskan bila dilihat dari wilayahnya, kabupaten Jombang kaya akan budaya dan sejarah. Potensi tersebut akan sangat berarti jika diketahui publik secara luas.

"Contoh, kayak ada Sendang Made di wilayah Kudu, ini bisa ditampilkan melalui Jombang Carnival. Atau di daerah lain, sejarah santri, ini juga bisa ditampilkan dalam parade, melalui musik, narasi  atau penampilan lainnya," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan selain potensi budaya dan sejarah, Jombang Carnival juga akan digelar dengan parade penampilan potensi ekonomi dari masing masing wilayah.