Ngalup.co Beri Pemahaman Praktik Pembuatan Website Kepada Semeru Team UM
Malang – Sebagai salah satu ecosystem builder di Malang Raya, Ngalup Collaborative Network (Ngalup.co) terus berupaya menggencarkan program yang bermanfaat. Salah satunya, peningkatan kualitas talenta.
Akhir bulan Agustus ini. Ngalup.co kembali memberikan kontribusinya kepada Super Eco Machine Research UM atau Semeru Team, yaitu tim pengembangan mobil hemat energi dari Universitas Negeri Malang.
Dalam hal ini, Semeru Team akan mendapatkan materi sekaligus praktik terkait pembuatan website dan optimasi media sosial. Tujuannya, untuk memperkuat branding.
“Dalam era transformasi teknologi seperti saat ini, peran digital branding sangat penting. Sebab, hal tersebut merupakan salah satu cara agar komunitas, organisasi maupun bisnis dapat meningkatkan awareness dan kepercayaan publik,” terang Andina Paramitha, CEO Ngalup.co.
Apalagi, di era serba teknologi seperti saat ini, tak sedikit masyarakat yang berupaya mencari informasi melalui platform pencarian. Sehingga, penting bagi sebuah komunitas, organisasi maupun bisnis membutuhkan website dan media sosial.
“Digital branding juga bisa membuat bisnis, komunitas maupun organisasi untuk menonjolkan nilai, keunikan, dan keunggulan produk atau layanan mereka kepada audiens yang lebih luas,” papar dia.
Andien menyebut, dengan adanya website dan media sosial diharapkan mampu meningkatkan profesionalitas Semeru Team bagi sederet stakeholder yang telah bekerjasama.
“Branding yang efektif juga membantu Semeru Team tampil lebih profesional dan mudah dikenali, sehingga meningkatkan daya saing di pasar yang padat,” kata Andien.
Untuk itu, dalam mendukung digital branding, tak hanya memberikan pelatihan, namun juga memberikan free hosting.
“Kami juga memberikan free hosting selama 12 bulan dari sister company kami, yakni Jagoan Hosting. Harapannya, website yang digunakan bisa lebih cepat dan mudah diakses,” tandas dia.
Salah satu dosen pendamping, Avita Ayu Permanasari, ST, MT memberikan apresiasi terhadap pelatihan website maupun sosial media yang diberikan secara mendalam.
“Materi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa memahami aspek teknis dan strategis dari kedua platform ini, yang saat ini menjadi alat penting dalam dunia bisnis dan komunikasi,” kata dia.
Avita juga berharap, melalui pembelajaran tersebut, mahasiswa tidak hanya akan memperoleh keterampilan teknis yang diperlukan tetapi juga mampu menerapkan pengetahuan ini secara kreatif dan efektif dalam konteks profesional mereka di masa depan.
“Saya berharap mahasiswa dapat menjadi lebih siap untuk menghadapi tantangan di era digital dan mampu memanfaatkan website serta media sosial sebagai sarana yang kuat untuk membangun dan mengelola identitas digital mereka,” pungkas dia.
Sebagai informasi, Semeru Team dibentuk pada tahun 2015. Tim ini lahir dari inspirasi para mahasiswa Teknik Mesin setelah mengikuti "Kompetisi Mobil Hemat Energi" yang diadakan oleh Universitas Brawijaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.
Saat ini, Tim Semeru beranggotakan 37 mahasiswa dari angkatan 2021, 2022, dan 2023, di bawah bimbingan Prof. Dr. Sukarni, ST, MT, dan Avita Ayu Permanasari, ST, MT.
Tahun ini, Semeru Team akan mengikuti beberapa kompetisi dan eksibisi, diantaranya Shell Eco Marathon (Juli 2024), SPECTATE (September 2024). MEDITEX (September 2024), Kontes Mobil Hemat Energi (Oktober 2024), dan Pekan Apresiasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang (November 2024).