Prospek Masa Depan Cerah, Lulusan Agribisnis UMM Berpeluang Kerja di Industri hingga Wirausaha

Mahasiswa Fakultas Vokasi UMM mengolah bakso dari hasil ternak unggas
Sumber :
  • Dok. Vokasi UMM

Malang, VIVA – Jika anda memperhitungkan prospek masa depan sebuah program studi (prodi) kuliah, Prodi Sarjana Terapan Agribisnis Unggas Fakultas Vokasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah pilihan tepat. 

Prospek masa depan yang cerah dengan berkuliah di sana cukup menjanjikan bagi para lulusannya mulai di dunia industri hingga wirausaha. Sebagai contoh, di bidang industri unggas misalnya, kini tengah membutuhkan tenaga ahli yang kompeten.

"Prospek kerja lebih spesifik pada industri perunggasan lebih banyak menyerap tenaga kerja," jelas oleh Ir. Ali Mahmud, S.Pt., M.Pt., selaku Kaprodi Sarjana Terapan Agribisnis Unggas Fakultas Vokasi UMM, Minggu 7 Juli 2024.

Selain bekerja di industri, Ali menyebutkan jika peluang untuk menjadi seorang wirausahawan bagi para lulusan juga terbuka lebar. Apalagi permintaan pasar di sektor konsumsi yang semakin meningkat. 

Merujuk data Badan Pangan Nasional tahun 2023, konsumsi daging ayam di Indonesia pada 2023 mencapai 2,08 juta ton. Yakni meningkat 4,3 persen dibanding 2022. 

Kebutuhan ini tentunya menjadi tantangan bersama bagi banyak pihak. Selain itu, lulusan Prodi Sarjana Terapan Agribisnis Unggas juga memiliki peluang besar di bidang wirausaha ayam broiler.

Selain bergerak di bidang pembesaran ayam broiler, lulusan juga bisa merintis peternakan khusus breeding unggas, penetasan, serta budidaya layer, pulet, puyuh, unggas ekotik, dan native chicken.