Gawat Kota Batu Kekurangan Guru SD Karena Banyak yang Pensiun

Belajar mengajar di Kota Batu.
Sumber :
  • Dindik Kota Batu

MalangSekolah Dasar (SD) di Kota Batu kekurangan tenaga pendidik/guru. Total dari 88 SD ada 64 SD yang kekurangan guru, penyebabnya yaitu banyak yang pensiun.

Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Batu, Daud Andoko membenarkan informasi tersebut. Berkurangnya guru lantaran pensiun, usia di atas 60 tahun.

"Banyak yang pensiun, tahun ini ada 40 guru. Sehingga banyak SD yang kekurangan guru kelas, guru pendidikan Agama Islam, dan guru PJOK," katanya, Rabu 7 Juni 2023.

Secara rinci dari 40 guru ada 6 guru PJOK, 3 guru Agama Islam, dan 31 guru kelas. Tentunya, dengan berkurangnya guru berdampak pada pembelajaran. Untuk menyiasati hal tersebut, Dindik sudah mengangkat guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 78 orang. 

"Kemudian kami juga sudah meluluskan 22 orang guru penggerak. Walaupun tidak terlalu berdampak karena yang diangkat itu sebagian besar juga sudah terdata sebagai tenaga pengajar, hanya saja statusnya yang meningkat dari GTT ke P3K. Tapi setidaknya bisa mengcover pembelajaran agar tetap berjalan lancar," ujarnya.