Terus Diingatkan Shin Tae-yong, Penyelesaian Akhir Tetap Saja Buruk

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

MalangTimnas Indonesia memang berhasil lolos ke semifinal Piala AFF 2022-2023. Kepastian tiket empat besar digenggam usai mereka mengalahkan Filipina 2-1 di Rizal Memorial Stadium, Senin 2 Januari 2022.

Kemenangan ini membuat Indonesia lolos dengan status runner up Grup A dengan poin 10 dari empat pertandingan, Indonesia kalah agresivitas gol dari Thailand sebagai juara grup.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tidak puas dengan performa para pemain. Shin Tae-yong menyoroti penyelesaian akhir Witan Sulaeman Cs. Menurutnya, skuad Garuda seharusnya bisa mencetak lebih dari dua gol di pertandingan tersebut.

Shin Tae-yong menyatakan kecewa. Timnas Indonesia mampu melepaskan 20 tembakan, di mana 7 di antaranya mengarah ke gawang. Dari tujuh shot on target itu, hanya dua yang berhasil jadi gol yakni lewat Dendy Sulistyawan (21') dan Marselino Ferdinan (43').

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengaku sudah sering menekankan kepada anak asuhannya mengenai masalah finishing. Namun, permasalahan masih saja terulang.

"Setiap selesai pertandingan, saya selalu tegaskan supaya kita bisa mencetak gol ketika mendapatkan kesempatan yang baik," kata Shin Tae-yong dikutip dari VIVA.co.id. 

Di babak semifinal, Timnas Indonesia berpeluang jumpa Vietnam. Kepastian juara grup B akan ditentukan pada laga terakhir, Selasa 3 Januari 2022.