Puluhan Karya Seniman Ditampilkan dalam Kolaborasi Pameran Mangun Karsa

Antusias masyarakat melihat pameran Mangun Karsa
Sumber :
  • VIVA Malang / Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Pameran seni rupa bertajuk Mangun Karsa digelar oleh Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Batu. Pameran dilakukan di Srengenge Art Space, Jalan Welirang, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, mulai 18 hingga 31 Oktober 2024. 

Pembukaan pameran berlangsung meriah dan dihadiri oleh ratusan pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat serta pecinta seni di Kota Batu. Para pengunjung terlihat antusias menikmati karya-karya yang dipajang dan mengikuti berbagai aktivitas yang disediakan.

Acara ini memamerkan kurang lebih 57 karya seni antara lain fotografi, lukisan, dua dimensi, tiga dimensi, batik, dan keramik. Karya-karya tersebut merupakan hasil kreasi dari puluhan seniman yang terdiri dari dosen, mahasiswa aktif, alumni UNS, dan seniman Kota Batu.

Menurut Wakil Rektor IV UNS, Martadi mengatakan acara ini tidak hanya menjadi ruang ekspresi bagi para seniman tetapi juga sarana edukasi dan apresiasi seni bagi masyarakat luas sesuai arti Mangun Karsa yaitu membangun kemauan yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara.

"Seni dapat menjadi sarana untuk memotivasi dan membangun karakter masyarakat. Dari pameran ini kami ingin membangun titik temu antara masyarakat Batu dengan dunia seni dan pendidikan serta menjadi wahana edukasi bagi para pelajar, peserta didik, dan guru dalam memahami serta mengapresiasi seni dan budaya," katanya, Minggu, 20 Oktober 2024.

Dirinya meyakini melalui pameran masyarakat Batu dapat lebih mengenal dan mendukung perkembangan seni rupa, sekaligus mendukung sektor pendidikan. 

Dalam konteks industri kreatif, pameran ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan Kota Batu sebagai destinasi wisata seni dan budaya. Kota yang dikenal dengan keindahan alam dan potensi pariwisatanya ini diharapkan dapat pula dikenal sebagai pusat kreativitas melalui tampilan berbagai produk kreatif dalam pameran ini.