Talenta Digital, Kunci Potensi Ekonomi Baru

Talenta Digital, Kunci Potensi Ekonomi Baru
Sumber :

Malang – Tren digitalisasi di Indonesia terus dikembangkan. Saat ini, berbagai upaya terus dilakukan. Termasuk mengasah potensi talenta digital yang akan banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Menteri Komunikasi dan Informatika ,(Menkominfo), Johny G. Plate menjelaskan, talenta digital atau SDM di bidang digital merupakan kunci dalam membuka potensi pasar ekonomi digital di tanah air.

Saat ini, banyak peluang pengembangan teknologi di bidang Artificial Intelligence, Big Data, dan Cloud Computing (ABC), khususnya bagi kebutuhan industri.

“Kita perlu mempersiapkan kebutuhan SDM digital nasional dengan kecakapan digital yang dibutuhkan di masa kini dan masa depan, yang dikenal dengan The ABC yaitu Artificial Intelligence, Big Data, dan Cloud Computing,” terang dia.

Tak hanya itu, Menkominfo juga menialai, perlu mengasah keterampilan digital di bidang lain. Mengingat, adanya perkembangan metaverse. 

Tentunya, hal tersebut menjadi peluang baru, dimana Indonesia bisa membuka potensi pasar dan berinovasi di negeri sendiri.

“Dengan berbagai peluang tersebut, sudah sepantasnya kita mempersiapkan SDM atau talenta digital dengan keterampilan yang dibutuhkan saat ini, yang dibutuhkan oleh industri setidaknya saat ini,” jelas dia.