Diakui Kementrian Perindustrian, Begini Geliat Usaha Pembuatan Kerupuk Samiler di Jombang

Usaha pembuatan kerupuk samiler di Jombang.
Sumber :
  • VIVA Malang (Elok Apriyanto/Jombang)

Jombang, VIVAKerupuk samiler merupakan kerupuk yang dibuat dari bahan dasar singkong. Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, makanan ini termasuk makanan yang sering dijumpai.

Namun, siapa sangka produksi kerupuk samiler di Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini, produknya diakui oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

Ya, beginilah geliat usaha pembuatan kerupuk samiler di Desa Kayangan. Produksi kerupuk rumahan ini eksis sejak 1980 silam.

Bila memasuki Desa Kayangan, tak jarang akan menemui pemandangan yang asik, karena hampir sebagian rumah warga terdapat jemuran kerupuk semiler.

Hal ini dikarenakan di Desa Kayangan ada sekitar 30 rumah produksi kerupuk semiler yang renyah tersebut. Dan di sana ada beberapa varian rasa kerupuk semiler.

Lilik Winarti salah satu pemilik usaha pembuatan kerupuk samiler mengaku, membuka usaha pembuatan semiler ini sejak 10 tahun yang lalu.

"Sejak 2014, jadi sudah 10 tahun. Awalnya saya kerja ikut orang, karena suami sakit, dan anak sekolah, maka saya akhirnya keluar dan produksi ini sendiri, sejak 2014," kata Lilik, Sabtu 26 Oktober 2024.