Seleksi Komisioner KPU Dibuka, Warga Pasuruan, Probolinggo, Malang dan Batu Bisa Daftar

Ketua Tim Seleksi Jatim 4, Yuventia Prisca
Sumber :
  • Mochamad Rois / Pasuruan

Pasuruan, VIVA Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar seleksi untuk bakal calon Komisioner KPU tingkat Kabupaten/Kota di beberapa daerah, jelang Pilkada Serentak 2024.

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Merujuk pengumuman nomor 04/TIMSELKK-GEL.13-Pu/01/35-4/2024, menempatkan Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kota Pasuruan dan Kota Probolingo, masuk dalam satu zona seleksi yakni Zona Jatim 4.

Ketua Tim Seleksi Jatim 4, Yuventia Prisca menjelaskan jika masa pendaftaran seleksi calon anggota Komisioner KPU ini telah dibuka pada 8 Maret 2024 sampai dengan 19 Maret 2024. Sedangkan waktu penelitian administrasi peserta seleksi pun dilaksanakan berbarengan, yakni mulai 8 Maret 2024 sampai 26 Maret 2024.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

Adapun tata cara pengiriman dokumen pendaftaran, peserta seleksi harus mengunggah dokumen digital pendaftaran ke website Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

Setelah mengunggah dokumen digital, peserta seleksi harus mengirimkan dokumen fisik ke sekretariat Timsel Zona 4 di Ruang Argon 1, Hotel Novotel Samator, Jalan Kedung Baruk, Kota Surabaya.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

"Yang membedakan antara lima tahun belakang dan saat ini yakni dengan adanya website SIAKBA. Selain bisa dilakukan untuk menggunggah dokumen, website ini nantinya juga bisa dilakukan untuk melihat nilai," kata Yuventia Prisca, Jumat, 8 Maret 2024 lalu. 

Dosen Universitas Negeri Malang (UM) sekaligus Dosen Universitas Bina Nusantara (Binus) Malang ini mengungkapkan jika sistem SIAKBA bisa meminimalisir praktik kecurangan dalam proses seleksi. Sebab, peserta bisa melihat nilainya secara langsung.

Halaman Selanjutnya
img_title