Akun IG KPU Jombang Diretas Hacker untuk Menjual Handphone

IG KPU Jombang yang diretas hacker.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Akun Instagram (IG) resmi KPU Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diretas hacker. Akun diretas untuk berjualan handphone dengan harga sangat murah.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Jombang, Rita Darmawati menjelaskan peretasan IG KPU Jombang itu diketahui oleh admin pada pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB, Senin, 29 Januari 2024. 

"Ya pukul 10 pagi tadi, staf kami sebagai operator medsos itu melaporkan bahwa ada notice dari luar daerah, dari Bandung (Jabar), yang meminta akan masuk ke akun IG, dan kita sudah tolak, itu bukan saya, tetapi tetap saja bisa masuk," kata Rita, Senin, 29 Januari 2024.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Meski sudah ditolak notice tersebut, sambung Rita, akun IG resmi KPU Kabupaten Jombang, akhirnya diambil alih oleh hacker, hingga beberapa jam kemudian.

"Beberapa jam itu ada penguasaan dari hacker itu, terhadap akun IG kami (KPU Jombang), dengan memosting sebuah giveaway, ponsel," ujar Rita. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Setelah menguasai akun IG KPU. Hacker ternyata menawarkan produk handphone kepada beberapa orang yang menjalin pertemanan dengan akun IG KPU, dengan harga yang sangat murah.

"Ternyata beberapa kawan, ternyata juga melaporkan terkait dengan peretasan itu. Dan kita sudah sampaikan pada badan adhoc, bahwa akun IG, medsos ya, hanya IG saja, yang berada dalam penguasaan orang lain, yang tidak dikenal atau hacker," tutur Rita. 

Halaman Selanjutnya
img_title