Mengejutkan, Duet Pasangan Prabowo - Muhadjir Paling Disenangi Warga Jawa Timur

Peneliti Ahli Utama BRIN, Prof Siti Zuhro.
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – Hasil Survei Opini Publik Jawa Timur 2023 oleh Laboratorium Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempatkan Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden yang paling disenangi warga Jawa Timur. 

Belasan Peserta Upacara Hardiknas di Jombang Jatuh Pingsan

Dalam survei ini melibatkan 800 responden dimana sebesar 87,3 persen adalah kalangan Nahdatul Ulama atau Nahdliyin, 3,8 persen dari kalangan Muhammadiyah, LDII 1,2 persen, FPI 0,1 persen dan sisanya yakni 7,8 persen merupakan kalangan ormas non Islam. 

Para responden diwawancara melalui pertemuan langsung dan tingkat margin of eror 3,5 persen. Proporsi responden laki laki dan perempuan 50:50 dan berusia diatas 17 tahun. Survei ini menggunakan metode Multistage Random Sampling. 

Irak U23 vs Indonesia U23, Garuda Muda Wajib Menang Demi Satu Tiket Lolos Olimpiade Paris 2024

Hasilnya, dari 3 Capres yang sudah mendeklarasikan diri maju. Prabowo Subianto menempati urutan pertama dengan 37,38 persen, disusul Ganjar Pranowo 34,25 persen dan di posisi paling akhir ada Anies Baswedan sebesar 7,1 persen. 

"Di Jawa Timur ini beda dengan nasional, Anies Baswedan jauh terbelakang ketimbang yang lain. Kalau di Jawa Timur Anies memang di bawah 10 persen. Artinya pemilih di Jawa Timur lebih memilih Prabowo dan Ganjar," kata Guru Besar Ilmu Politik Unair Surabaya, Prof Kacung Marijan, dalam Bincang Politik Nasional di UMM, Kamis, 10 Agustus 2023. 

Datangi Rumah Para Guru, Cara Kadindik Jatim Peringati Hari Pendidikan Nasional

Katanya, Anies cukup berat di Jawa Timur. Untuk itu dalam beberapa waktu terakhir Anies lebih sering melakukan kegiatan di Jawa Timur untuk mendongkrak elektabilitasnya. 

Kemudian dilakukan survei simulasi pasangan Capres dan Cawapres. Pasangan Prabowo Subianto dan Muhadjir Effendy mendapat dukungan terbanyak yakni 42,5 persen, disusuk Ganjar Pranowo-Airlangga Hartanto sebesar 41,25 persen dan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono dengan 10,25 persen, sisanya tidak tahu, tidak memilih dan tidak menjawab. 

Halaman Selanjutnya
img_title