KPU Batu Perbaiki Ribuan Data Pemilih Tak Sesuai

Rapat Pleno Terbuka yang digelar oleh KPU Kota Batu.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Batu, VIVA – Ribuan tidak kecocokan data pemilih aktif ditemukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu. Hal itu menjadi pembahasan dalam Rapat Pleno Terbuka yang digelar KPU Kota Batu, Rabu 21 Juni 2023.

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Ketua KPU Kota Batu, Mardiono mengatakan dengan adanya perbedaan data pihak KPU langsung melakukan perbaikan sesuai masukan dari Bawaslu Kota Batu serta telah menerima Perbaikan Data Pemilih (PDP) dari PPK.

"Setelah menerima PDP dari PPK kan masih ada jeda hingga dilaksanakan Rapat Pleno hari ini. Jeda itu kita manfaatkan melalukan perbaikan seperti pemilih baru ataupun berkurangnya pemilih akibat meninggal dunia ataupun pindah domisili," katanya.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Sementara itu, Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto menegaskan ada 1.870 data yang tersebar di tiga kecamatan yang harus dan telah diperbaiki.

"Nah dari tiga kecamatan itu data terbanyak yang harus diperbaiki paling banyak ada di Kecamatan Batu yaitu 1.578 pemilih. Lalu Kecamatan Junrejo 203, dan Kecamatan Bumiaji 89 pemilih," katanya.

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

Selain itu, KPU Kota Batu juga menemukan sebanyak 560 data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS). Dan jumlah TMS tersebut yang paling banyak juga ada di Kecamatan Batu total 293 pemilih. 

"Sementara di Kecamatan Bumiaji ada 116 pemilih, dan Kecamatan Junrejo ada 151 pemilih. Adanya perbaikan data itu KPU Kota Batu menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebesar 164.516 pemilih," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title