Mappilu PWI Malang Raya Bakal Awasi Seluruh Proses Pemilu 2024

Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu PWI Malang Raya
Sumber :
  • Istimewa

MalangMasyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya resmi dilantik oleh PWI Jawa Timur, pada Rabu, 10 Mei 2023. Tugasnya adalah memantau pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dari potensi ancaman pelanggaran baik saat Pileg, Pilkada dan Pilpres

Ini Ketentuan Refund dan Reschedule Tiket DAMRI untuk Arus Balik Lebaran

"Pelantikan Mappilu ini sebagai bukti peran aktifnya PWI dalam mensukseskan Pemilu 2024 mendatang. Jadi, bagaimana memantau pelaksanaan Pemilu dengan cita-cita bersama supaya terselenggara sukses dan berkualitas, dan bisa melahirkan pimpinan atau wakil rakyat yang juga berkualitas," kata Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim

Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Malang Raya juga hadir menjadi saksi pelantikan Mappilu Malang Raya.

Arus Balik Lebaran 2024, Jalur Arteri Jombang Padat Merayap Akibat Perlintasan KA

"Mappilu itu sebenarnya sudah dibentuk sejak tahun 2008 lalu, dan sudah dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak KPU dan Bawaslu di pusat. Dengan adanya Mappilu PWI Malang Raya diharapkan bisa turut berkontribusi bagaimana menciptakan pesta demoktasi dengan sukses dan berkualitas," ujar Lutfil.

Lutfil menegaskan bahwa Mappilu PWI Malang Raya wajib netral, tajam dan kritis dalam mengontrol seluruh tahapan Pemilu 2024. 

Komitmen KAI Daop 8 Surabaya Selama Masa Angkutan Lebaran 2024

"Peserta Pemilu diharapkan menjunjung tinggi sportifitas. Dan teman-teman Mappilu PWI Malang Raya diharapkan bisa terus netral, tajam, kritis dan membangun serta memperbaiki. Supaya partisipasi bisa lebih tinggi," tutur Lutfil. 

Sementara itu, Ketua Mappilu PWI Jatim Mahmud Suhermono berharap, pengurus Mappilu PWI Malang Raya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Katanya, dengan pengawasan Pemilu yang baik, maka Pemilu 2024 mendatang akan terlaksana dengan adil dan bermartabat. Tujuannya agar melahirkan pemimpin yang amanah.

Halaman Selanjutnya
img_title