CFS Hongkong Sebut Mie Sedap Mengandung Pestisida

CFS Hongkong Sebut Mie Sedap Mengandung Pestisida
CFS Hongkong Sebut Mie Sedap Mengandung Pestisida
Sumber :
  • pixabay

Malang – Belum lama ini, beredar kabar tak sedap dari brand Mie Sedap. Sebab, Center for Food Safety (CFS) Hong Kong, menyatakan ada temuan kandungan Pestisida dan Etilen Oksida pada produk mie instan Mie Sedaap produksi Wings Group Indonesia. 

Melalui peringatan publik yang dipublikasikan di laman CFS, dengan adanya temuan tersebut, pihaknya menarik peredaran produk Mi Sedaap dari pasar Hong Kong, terutama varian Mie Sedaap Goreng rasa Ayam Pedas Korea.

Saat dikonfirmasi, Head of Corporate Communications & CSR Wings Group Indonesia, Sheila Kansil, memberikan tanggapan terkait publikasi yang beredar mengenai produk Mie Sedaap tersebut.

"Mie Sedaap diproduksi dengan menaati regulasi dari badan terkait untuk memenuhi standar keamanan pangan yang berlaku," kata Sheila saat dihubungi VIVA.

Sheila menjelaskan, standar keamanan pangan tersebut di antaranya yakni izin dari pihak Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) RI, sertifikat halal (MUI), dan sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan. 

"Serta sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu," ujarnya.

Dia menambahkan, produk Mie Sedaap juga telah dinikmati oleh konsumen di lebih dari 30 negara selama belasan tahun terakhir, dan telah memenuhi standar wajib ekspor.

"Termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan produk," kata Sheila.

Sheila mengatakan, upaya untuk tunduk pada peraturan yang berlaku ini merupakan komitmen Mie Sedaap, sebagai bagian dari Wings Group Indonesia. Di mana, Wings Group diketahui telah hadir selama lebih dari 70 tahun, untuk menyediakan produk-produk berkualitas yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

"Karena kami percaya bahwa 'the best things in life should be accessible for all'. Mie Sedaap selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi konsumen dari seluruh lini proses dan produksi," kata Sheila. "Mie Sedaap memastikan tidak ada penggunaan etilen oksida (EtO), dan telah memenuhi standar pangan sehingga aman untuk dikonsumsi," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Center for Food Safety (CFS), Departemen Makanan dan Kebersihan Lingkungan Hong kong, menarik peredaran produk mie instan asal Indonesia yaitu Mie Saedap produksi Wings Food.

Dalam produk tersebut disebut ditemukan kandungan Pestisida dan Etilen Oksida. Dikutip darlam peringatan publik yang dipublikasikan di laman (CFS), Kamis, 29 September 2022. Masyarakat tidak boleh lagi mengkonsumsi produk tersebut. khususnya varian Mie Sedaap Goreng rasa Ayam Pedas Korea.

Temuan itu terungkap hasil dari Program Pengawasan Rutin yang dilakukan CFS. Sampel Mie Sedaap dikumpulkan dari supermaket Lok Fu untuk melakukan pegujian.

"Hasil Pengujuan menunjukkan bahwa sampel mie, paket bumbu dan bubuk capai produk itu mengandung pestisida dan etilen oksida," tegas pengumuman itu.

Masyarakat didesak untuk tidak mengkonsumsi lagi produk tersebut jika telah membelinya. Pedagang pun diperingatkan tidak lagi melakukan penjualan.

Bahkan CFS memperingatkan pedagang akan menindaklanjuti secara tegas, apabila masih ada yang menjual produk itu. saat ini investigasi lanjutan pun masih dilakukan.