6 Rumah Di Kota Malang Rusak Akibat Longsor, BPBD Sarankan Mengungsi

Plengsengan ambrol di Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA – 6 rumah warga di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang rusak akibat terdampak tanah longsor pada Selasa, 5 Maret 2024. BPBD Kota Malang menyarankan agar warga mengungsi untuk sementara waktu. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Area plengsengan longsor di daerah ini sepanjang 50 meter dengan ketinggian 9 meter. Apalagi ada pemukiman warga di atas plengsengan. Sebanyak 6 rumah terdampak longsor. 

"Jadi kami menyarankan warga yang tinggal di 6 rumah ini mengungsi untuk sementara waktu. Sembari menanti perbaikan yang tengah berlangsung," kata Kepala BPDB Kota Malang, Prayitno, Sabtu, 9 Maret 2024. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Prayitno mengatakan, di tengah musim penghujan posisi 6 rumah ini rawan ambles karena longsor. Sebab, plengsengan irigasi yang longsor diakibatkan tergerus air hujan. Saat ini kondisi tanah cukup gembur sehingga rawan terjadi longsor susulan.

"Analisa kami, dikawatirkan ada longsor susulan. Catatan kami memang juga cukup rawan terjadi lingsor susulan. Jadi penyebabnya memang tanah labil, kami cek memang gembur. Plengseng ini juga pernah ambrol beberapa kali," ujar Prayitno.  

Opini : Pilkada Kota Batu dan Harapan Pariwisata Berkelanjutan

Selain 6 rumah warga longsor juga merusak pos kamling. Saat ini irigasi sepanjang 50 meter tertutup material longsor dan jaringan listrik di beberapa rumah warga terputus. DPUPR-PKP Kota Malang telah menerjunkan sejumlah alat berat untuk melakukan normalisasi saluran irigasi yang terdampak. Setelah itu mereka akan membangun kembali. 

"Karena hujan berhari hari, lalu tanah tergerus, kemudian tanah di atas juga ada air genangan sehingga menambah beban dan plengsengan ini ambrol," tutur Prayitno.