Ada Toko Beras SPHP, Pedagang Beras di Pasar Jombang Justru Cemas

Toko beras SPHP di pasar Pon Jombang.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Keberadaan toko beras program stabilisasi harga dan pasokan pangan (SPHP) di Pasar Tradisional di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berdampak pada penjualan beras para pedagang.

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Hal ini dikarenakan harga beras SPHP di pasar dijual dengan harga Rp10.900 per kilogramnya. Sedangkan beras kualitas medium di pedagang dijual dengan harga Rp14.500 per kilogramnya.

Disparitas harga yang terlalu tinggi antara beras petani lokal dan beras impor yang didatangkan pemerintah dari luar negeri itu, membuat masyarakat lebih memilih mengkonsumsi beras SPHP.

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Padahal secara kualitas beras SPHP yang diimpor pemerintah itu, dari segi rasa memang berbeda bila dibandingkan beras medium hasil petani lokal yang lebih enak. 

Sukarma (50 tahun) pedagang beras di Pasar Pon Jombang mengatakan bahwa harga beras medium saat ini memang mengalami penurunan. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

"Ada penurunan dikit lah. Biasanya jual antara harga Rp16.000, atau Rp15.500, sekarang udah jual harga Rp15.000," kata Sukarma, Selasa 5 Maret 2024.

Ia pun mengaku harga beras di penggilingan padi, dibeli dengan harga Rp14.000 per kilogramnya. Dan ia jual dalam karung seharga Rp14.500 per kilogramnya.

Halaman Selanjutnya
img_title