Wujud Syukur Hasil Panen, Warga Wonosalam Jombang Gelar Tumpengan Manggis Raksasa

Wujud Syukur Hasil Panden, Warga Jombang Gelar Tumpengan Manggis.
Sumber :
  • VIVA Malang/Elok Apriyanto

Jombang, VIVA – Sebagai wujud syukur hasil panen buah manggis tahun ini, warga Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang Jawa Timur, menggelar hajatan tumpengan manggis.

Lathifah Shohib Ikuti Pembekalan Bacakada, Sinyal Maju Pilbup Malang Semakin Kuat

Buah manggis hasil bumi Desa Jarak disusun layaknya tumpeng raksasa, dan diberikan secara gratis pada warga masyarakat baik dari dalam Jombang maupun luar Jombang.

Tak sedikit ribuan warga yang saling berebut buah manggis di lapangan Desa Jarak. Bahkan warga tampak antusias berebut manggis, meski cuaca sedang turun hujan.

Resmi! Mulai 6 Mei Angkutan Gratis Pelajar KWB Beroperasi

Pj Bupati Jombang, Sugiat menjelaskan, Tumpengan Manggis ini dilakukan secara rutin setiap tahun, yakni sebagai bentuk rasa syukur terhadap berkelimpahan hasil panen buah manggis di Desa Jarak Wonosalam.

"Kita hanya ingin mensyukuri agar di hari panen kelak diberikan keberlimpahan yang lebih bagus lagi," ujar Sugiat dalam keterangannya, pada Minggu, 25 Februari 2024.

LSP Paresta Go Nasional, Targetkan Sertifikasi Ribuan Pekerja Wisata

Lebih lanjut, Sugiat mengatakan, selain tumpengan manggis yang berisi 2024 kilogram buah, terdapat 17 tumpeng yang diarak oleh warga Desa Jarak, hal tersebut menunjukkan simbol kerja keras masyarakat.

"Bukan hanya manggis, banyak buah yang lain seperti durian, dan sayur mayur lainnya yang menjadi hiasan di tumpeng kecil," ujar Sugiat.

Halaman Selanjutnya
img_title