2 Desa di Jombang Terserang Penyakit Misterius Diduga Virus Dengue

Pemeriksaan kesehatan di Jombang.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Puluhan warga di 2 Desa yakni Desa Mojodanu dan Desa Ngampel yang ada di Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terserang penyakit misterius. Penyakit ini memiliki gejala hampir menyerupai virus dengue.

EKRUTES.ID Bantu Pencari Kerja Lewat Program Khusus

Rata-rata warga yang terserang penyakit mengalami gejala demam, sariawan, nyeri sendi dan gatal-gatal. Penyaki ini diduga akibat serangan nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue. 

Kasiatussholikah (45 tahun) salah satu korban penyakit misterius asal Dusun Mojo, Desa Mojadanu, Kecamatan Ngusikan mengungkapkan, di daerah tempat tinggalnya ada beberapa kepala keluarga (KK) yang terserang penyakit misterius tersebut.

Atlet Downhill Asal Kota Batu Berhasil Jadi Juara Asian Mountain Bike di Malaysia

"Di sini ada beberapa KK. Kalau di rumah saya ada 5 orang, saya sama adik-adik saya," kata Kasiatussholikah, pada Jumat 26 Januari 2024.

Ia menjelaskan penyakit misterius yang ia rasakan menyerang bagian persendian tulang. Rata-rata dibutuhkan waktu 2 hingga 3 pekan untuk sembuh. 

Tamzil Ainnur Rizal, Sosok Potensial yang Ramaikan Bursa Pilkada Batu 2024

"Ya persendian itu yang diserang, terus badannya panas, terus menggigil, terus sariawan, sampai tidak bisa jalan selama tiga hari. Kalau yang lainnya ada yang dua minggu, ada yang sampai tiga minggu," ujar Kasiatussholikah. 

Meski mengalami kondisi tersebut, ia mengaku tidak sempat menjalani rawat inap di Puskesmas. Namun ia mengaku saudaranya hingga kini menjalani rawat inap di Puskesmas Keboan, Kecamatan Ngusikan.

Halaman Selanjutnya
img_title