3 Bulan, Ada 11 Kasus DBD di Jombang, 74 Persen Anak-anak

Pasien penderita DBD yang dirawat di RSUD Jombang.
Sumber :
  • VIVA Malang/Elok Apriyanto

Jombang, VIVA - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dilaporkan mengalami kenaikan sejak tiga bulan terakhir ini.

Gowes Bareng MainSepeda Jadi Cara Pj Wali Kota Malang Gerakan Sport Tourism

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, total kasus DBD hingga Januari tahun 2024 ini tercatat ada sebanyak 11 kasus yang tersebar di beberapa kecamatan.

Plt Kepala Dinkes Jombang, Saiful, mengungkapkan bahwa kasus-kasus DBD yang terjadi selama 3 bulan terakhir tersebut rata-rata usianya adalah anak-anak.

Mantan Wabup Pasuruan Diantar Para Ulama Daftar Cabup ke Kantor DPC PKB

Dia menjelaskan bahwa kenaikan kasus DBD di Jombang ini dikarenakan pergantian musim, yakni dari musim kemarau ke musim penghujan.

"Selama 3 bulan terakhir itu ada kenaikan kasus DBD di Kabupaten Jombang. Dan yang kena itu, 74 persen usianya anak-anak," kata Saiful dalam keterangannya, Kamis, 11 Januari 2024.

Aksi Buruh Di Kota Malang Juga Suarakan Tragedi Kanjuruhan

Untuk menangani kenaikan kasus DBD ini, dia mengatakan pihaknya gencar melakukan sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di masing-masing Puskemas.

"Kita juga melakukan peningkatan kapasitas petugas dalam tatalaksana, penanggulangan dan penanganan DBD di masing-masing Puskesmas," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title