Sambut Musim Penghujan, BPBD Kota Malang Siapkan Perahu Karet Disetiap Kecamatan

Kepala BPBD Kota Malang, Prayitno
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

Malang, VIVA Kota Malang dalam beberapa hari terakhir mulai diguyur hujan. Sebaran, hujan kini mulai merata di 5 kecamatan. Yakni, Klojen, Sukun, Blimbing, Lowokwaru dan juga Kedungkandang. 

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

Ancaman bencana hidrometeorologi patut diwaspadai bagi warga Kota Malang. Sebab, disejumlah titik di Kota Malang ketika hujan turun dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama rentan terjadi banjir maupun genangan. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang, Prayitno mengatakan, untuk mengantisipasi hal itu sejumlah peralatan untuk mengantisipasi banjir telah di sebar di 5 kecamatan yang ada. Di setiap kecamatan sudah disiapkan jaket pelampung dan peralatan kebencanaan lainnya. 

PDI Perjuangan Kota Batu Resmi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota dan Wakil

"Untuk banjir sementara ini kami sudah ada beberapa peralatan untuk antisipasi di wilayah kecamatan," kata Prayitno, Kamis, 26 Oktober 2023. 

BPBD saat ini sudah memiliki 3 perahu dengan jenis perahu kecil, perahu fiber dan perahu karet. Disisi lain mereka juga membeli 5 perahu kecil yang nantinya akan ditempatkan di setiap kecamatan. 

Pemotor Tewas Terlindas Truk Tronton di Mergosono Kota Malang

Perahu kecil dipilih untuk menyesuaikan dengan topografi wilayah perkampungan di Kota Malang yang cenderung sempit dan terdapat banyak gang. Untuk perahu kecil ini, akan dibagikan pekan depan ke seluruh kecamatan yang ada di wilayah setempat. 

"Satu Minggu lagi ditaruh di kecamatan. Perahu karet yang kecil, khusus diwilayah gang-gang kecil. Tapi spesifikasi BNPB. Saat ini ada 3 di kami, 1 kecil, perahu fiber 1, perahu karet untuk pendaratan ada 1," ujar Prayitno. 

Halaman Selanjutnya
img_title