Sungai di Jombang Berubah Warna Diduga Tercemar Pabrik Tahu

Sungai Rejoso berubah warna diduga tercemar limbah pabrik tahu
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Air pada saluran sungai di Dusun Rejoso, Desa Ngumpul, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berubah warna. Diduga perubahan warna air tersebut, dikarenakan limbah pengolahan pabrik tahu

Dilirik UNESCO, Kota Malang Bakal Jadi Kota Kreatif Dunia pada 2025

Kondisi air yang berubah dan menimbulkan bau tak sedap itu, dikeluhkan warga. Budi (38 tahun) warga setempat mengatakan, sebagian warga di sekitar pondok pesantren (Ponpes) Darul Ulum Rejoso, sudah lama mengeluhkan kondisi air yang berbuah warna.

Ia pun mengaku kondisi aliran sungai itu berbau busuk, selain berbau air aliran sungai juga berubah menjadi berwana putih pekat diduga saluran tersebut tercemar limbah.

Penggemar Modena di Malang Kini Dimanjakan Dengan Inovasi Produk Baru

"Kalau kondisi saluran ini memang seperti ini. Memang musim kemarau pasti sangat terlihat jelas, pencemarannya," ujar Budi, Senin, 23 Oktober 2023.

Ia mengaku, kondisi ini sudah berlangsung sejak lama. Bahkan, tak ada solusi dari pemerintah setempat maupun provinsi untuk mengatasi persoalan tersebut.

Pawai Budaya Kota Malang, Wahyu Hidayat Diserbu Emak-emak Diajak Selfie

"Pemkab juga seringkali mengambil sampel air saja. Ya belum ada tindakan sampai sekarang. Buktinya kondisinya masih sama selama bertahun-tahun," katanya.

Dirinya menduga, saluran air yang berubah menjadi berwana putih dan menimbulkan bau ini dikarenakan adanya limbah dari industri pengolahan tahu.

Halaman Selanjutnya
img_title