Kawasan Gunung Arjuno Kembali Terbakar, Pemadaman Terkendala Medan Terjal

Gunung Arjuno kembali terbakar
Sumber :
  • Mochamad Rois / Pasuruan

Pasuruan, VIVA – Kawasan Gunung Arjuno kembali terbakar, pada Minggu, 22 Oktober 2023 kemarin hingga Senin, 23 Oktober 2023. Sejak kemarin, dari area bawah tampak garis-garis api yang membara, menjalar menuju puncak gunung.

Belasan Peserta Upacara Hardiknas di Jombang Jatuh Pingsan

Kepala UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Akhmad Wahyudi mengatakan, saat ini upaya pemadaman api fokus di blok garotan. Lokasinya di atas wilayah Desa Leduk, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

"Titik api muncul di blok Garotan Ledug. Titik api awalnya dari areal Perhutani, kemudian menjalar ke wilayah Tahura," kata Akhmad Wahyudi, Senin, 23 Oktober 2023. 

Irak U23 vs Indonesia U23, Garuda Muda Wajib Menang Demi Satu Tiket Lolos Olimpiade Paris 2024

Akhmad mengatakan, saat ini sebanyak 20 personel telah diturunkan untuk berjibaku memadamkan api. Sampai saat ini, belum ada laporan detail tentang berapa luasan areal lahan yang terbakar. Sebab, proses penghitungan menunggu upaya pemadaman selesai.

"Sekarang masih proses pemadaman. Personil yang berangkat ada 20 orang. Sampai sekarang belum diketahui berapa luasan lahan yang terbakar," ujarnya. 

Datangi Rumah Para Guru, Cara Kadindik Jatim Peringati Hari Pendidikan Nasional

Untuk faktor kendala personel lapangan terkendala medan yang terjal dan hembusan angin yang kencang. Sehingga membuat api cepat membakar semak dan ilalang di kawasan Gunung Arjuno.

"Semoga proses pemadaman berjalan lancar dan titik api semakin berkurang. Karena selain medan yang terjal, angin di atas juga kencang," tuturnya.