TPA Banjardowo Terbakar, DLH Jombang Fokuskan Pembasahan agar Api Tak Meluas

Alat berat dan pembasahan yang dilakukan di lokasi TPA
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Peristiwa kebakaran pada tumpukan sampah yang ada di tempat pembuangan akhir (TPA) Banjardowo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, masih dalam penanganan petugas damkar maupun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

Di Momen Halalbihalal BNPM Tegaskan Komitmen Bersinergi Dengan Pemerintah

Bahkan, untuk mengantisipasi agar api tak meluas, pihak DLH mengerahkan tiga unit kendaraan suplai air untuk melakukan pembasahan di wilayah sekitar titik api.

Kepala DLH Jombang, Miftakhul Ulum menjelaskan, hingga kini petugas masih melakukan upaya pembasahan di lokasi TPA Banjardowo. Upaya ini diharapkan agar api tidak meluas dan kebakaran bisa segera teratasi.

Hilang Kendali Pasutri Alami Laka Maut di Pujon

"Kita masih fokus untuk penanganan (kebakaran). Proses pembasahan dilakukan sekitar jam setengah lima sore tadi," kata Ulum, Rabu, 11 Oktober 2023.

Ia menyebut api membakar tumpukan sampah seluas 300 meter. Ia pun mengaku bahwa api dengan cepat merambat usai terkena hembusan angin. Untuk itu pihaknya melakukan pembasahan di sekitar titik-titik api.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Awasi Orang Asing Lewat Operasi JAGRATARA

"Luasnya sekitar 300 meter persegi ya. Dan ini kan memang musim kemarau dan angin, jadi api dengan cepat merambat. Tetapi ini tadi kita dibantu PMK (damkar) satu unit, dan mudah-mudahan api segera bisa dipadamkan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya mengatakan bila sejumlah alat berat juga dikerahkan untuk membuat kubangan agar api tidak merembet ke gunungan sampah.

Halaman Selanjutnya
img_title