PSHT Gelar Rakernas, Ini Isi Pembahasannya

Rakernas PSHT.
Sumber :
  • Viva Malang/Galih Rakasiwi

Malang, VIVA – 250 cabang Persaudaraan Setiap Hati Terate (PSHT) dari seluruh Indonesia mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Taman Wisata Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jumat, 6 September 2023.

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Dengan tema 'Membangun Persaudaraan yang Semakin Produktif dan Bermartabat' ada empat hal utama yang dibahas dan ingin dicapai dalam Rakernas dan diimplementasikan pada setiap cabang.

Ketua Umum PSHT Pusat, Muhammad Taufiq mengatakan hal pertama yang jadi pembahasan yaitu memperbaiki pendidikan dan pelatihan silat agar menjadikan manusia khususnya warga PSHT berbudi luhur

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Seharusnya PSHT ikut menjaga Kamtibmas, tapi kenyataannya masih banyak persoalan. Penyebabnya yaitu adanya gep dan jarak, sehingga acap kali merepotkan TNI/Polri. Kami ingin membenahi itu sebab PSHT dirintis oleh pahlawan kemerdekaan," katanya.

Jarak yang dimaksud yaitu ajaran dan kelakuan warga PSHT. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan sistem pendidikan. Sehingga antara cita-cita dan tujuan PSHT dengan kelakuan warga PSHT bisa selaras. 

Momen Haul Mbah Slagah Kota Pasuruan Dipadati Ribuan Jemaah

"Isi dalam mukadimah juga sudah ditegaskan tugas organisasi sebagai ikatan antar warga yang memiliki arti harus bisa menjaga kerukunan, pemancar cita, dan pembawa ajaran, serta perilaku memancarkan sifat budi luhur," tuturnya. 

PSHT juga memperbaiki sistem pendidikan silat, karena mulai tahun 2018 materi-materi pencak silat sebagai panduan dasar pendidikan pencak silat sudah dipisah antar golongan seperti kepada usia dini, pra remaja, remaja, dewasa dan orang tua. 

Halaman Selanjutnya
img_title