Waduh, Luasan Area Kebakaran Gunung Bromo Capai 504 Hektar

Kondisi Gunung Bromo pasca kebakaran.
Sumber :
  • Viva Malang/Uki Rama

MalangHujan yang sempat mengguyur kawasan Gunung Bromo pada Kamis, 14 September 2023 kemarin turut membantu prosea kebakaran hutan dan lahan di kawasan itu. Kini kebakaran di kawasan Gunung Bromo sudah dinyatakan padam.

LPBH PBNU Bakal Lapor Polda Jatim atas Dugaan Pelanggaran Pengadaan Lahan Kampus UNISMA

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Satyawan Pudyatmoko mengatakan bahwa luasan lahan yang terbakar mencapai 504 hektar. 

"Kebakaran dari tanggal 6 September sampai tanggal 10 September 2023 kira-kira ada 504 hektare lahan terbakar. Jadi saat kita lihat dari Blok Jemplang sampai Cemorolawang, terlihat di kanan kiri terlihat semak belukar terbakar," kata Satyawan Pudyatmoko, Sabtu, 16 September 2023. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Satyawan mengatakan, potensi kebakaran di Gunung Bromo memang sangat tinggi. Karena ciri khas dari vegetasi di pegunungan seringkali tidak bisa lebat dan tergantung sidenya. Kebetulan side di Gunung Bromo kering dan tidak bisa tumbuh dengan lebat.

"Kita lihat pohon-pohon yang terbakar ada Akasia Decurrens hingga Kemlandingan. Kemudian ada spesies yang tahan bakar namanya Mentigi, ini yang akan kita teliti apakah bisa digunakan untuk alat mitigasi kebakaran. Mentigi ini adalah tumbuhan asli Bromo," ujar Satyawan. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

Satyawan menuturkan api di Gunung Bromo muncul karena efek angin dan ketersediaan bahan bakar. Hal inilah yang membuat kebakaran tidak bisa terkontrol. Bahan bakar yang dimaksut adalah rumput yang kering atau tanaman yang kering akibat kemarau.

Sementara kendala selama proses pemadaman adalah sulitnya ketersediaan air. Kedua angin dikawasan Gunung Bromo cukup kencang, dan bahan bakarnya teredia cukup banyak.

Halaman Selanjutnya
img_title