Padang Savana Gunung Bromo Terbakar Wisatawan Diimbau Waspada

Kebakaran di Padang Savana, Gunung Bromo.
Sumber :
  • Dok Balai Besar TNBTS

Malang, VIVAPadang Savana di Gunung Bromo terbakar pada Rabu, 30 Agustus 2023 pagi. Suhu panas diduga menjadi salah satu penyebab di Padang Savana, Gunung Bromo. 

Keren! 2 Pelajar MAN 1 Jombang Sabet Juara Pertama Lomba Robotik Tingkat Jawa Timur

Tim gabungan mengisolir sumber api dengan membuat ilaran dan mulai melakukan pemadaman dengan menggunakan gepyok, jetshooter dan mobil tangki serta pompa pemadam kebakaran.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Septi Eka Wardhani mengatakan, bahwa laporan diterima oleh mereka apda Selasa, 29 Agustus 2023 sekitar pukul 23.30 WIB. 

Belasan Peserta Upacara Hardiknas di Jombang Jatuh Pingsan

Saat itu dilaporkan titik api di Bantengan (sekitar perbatasan resort PTN Wilayah Coban Trisula dan resort PT Wilayah Ranupani). Selanjutnya petugas BB TNBTS menindaklanjuti dengan melakukan pengecekan langsung dan terkonfirmasi adanya sumber api di lereng sebelah Utara jalan Malang-Lumajang, dan menjalar ke arah savana dan blok Jemplang.

Tim gabungan yang terdiri dari petugas resort PTN Wilayah Coban Trisula, resort PTN Wilayah Tengger Laut Pasir, resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan dan resort PTN Wilayah Ranupani BB TN BTS dibantu oleh Masyarakat Peduli Api (PA) berusaha memadamkan. 

Irak U23 vs Indonesia U23, Garuda Muda Wajib Menang Demi Satu Tiket Lolos Olimpiade Paris 2024

"Untuk detail jumlah personel masih belum bisa saya sebutkan," kata Septi, Rabu, 30 Agustus 2023. 

Septi menuturkan, selain melakukan pemadaman. Petugas juga melakukan pengamanan terhadap pengunjung yang melintasi lokasi sekitar kebakaran. Balai Besar TNBTS juga mengimbau agar pengunjung atau wisatawan yang melintas berhati-hati, tidak berkerumun serta tidak mengganggu proses pemadaman.

Halaman Selanjutnya
img_title