Terkendala Cuaca Panas dan Tinggi, Kebakaran di Gunung Arjuna Belum Bisa Dipadamkan

Kebakaran di Gunung Arjuna.
Sumber :
  • Dok Tahura Raden Soerjo

Pasuruan, VIVAKebakaran hutan terjadi di kawasan hutan Gunung Arjuna, Pasuruan. Sampai saat ini Tim Pemadaman Kebakaran Hutan dari Tahura Raden Soerjo bersama para relawan masih berjibaku memadamkan api di beberapa titik. 

Ingin Libatkan Semua Partai Bangun Jombang, Kades Warsubi Daftar ke PDIP

Kepala UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Akhmad Wahyudi, mengatakan jika titik api di wilayah Gunung Arjuna pertama kali terdeteksi pada Minggu, 27 Agustus 2023 lalu. Secara teritori kawasan ini masuk wilayah Kabupaten Pasuruan

"Titik api di wilayah Gunung Arjuno sisi timur yang masuk Kabupaten Pasuruan mulai muncul pada Minggu (27, Agustus 2023) kemarin," kata Akhmad Wahyudi. Selasa, 29 Agustus 2023. 

Sumrambah Mantan Wabup Jombang Daftar Bacabup di Kantor DPC PDIP

Wahyudi mengatakan, berdasar laporan yang diterima, sebelumnya titik api muncul di kawasan Blok Parang, lalu ditemukan lagi di titik Widodaren dan Petung Ombo.

"Tapi itu kemarin. Karena kemunculan titik api kan tidak pasti," ujar Wahyudi. 

Keseruan Saat Ratusan Mitra Pengemudi dan Merchant Grab di Malang Nonton Bareng Siksa Kubur

Kendala yang dihadapi petugas adalah medan yang terjal serta cuaca yang panas dan kering. Selain itu, titik api berada di ketinggian antara 1.600 meter di atas permukaan laut sampai 2.500 meter di atas permukaan laut. 

"Untuk tanaman yang tebakar semak-semak, alang-alang dan ada pohon pinus," tutur Wahyudi. 

Halaman Selanjutnya
img_title