Dokter RSUD Jombang Beberkan Cara Mengatasi Epistaksis

dr Kihastanto Sp. T.H.T.K.L dari RSUD Jombang
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Dalam program RSUD Jombang menyapa, rumah sakit yang dinahkodai dr Ma'marotus Sa'diyah itu, ingin memberikan edukasi kesehatan pada masyarakat.

Sinyal Koalisi Menguat, Ketua Gerindra Kabupaten Pasuruan Mendaftar Bacabup Ke PDIP

Edukasi kesehatan pada kali ini, pihak RSUD Jombang, membahas masalah Epistaksis yang biasa sebut masyarakat umum, dengan istilah mimisan.

dr Kihastanto, Sp. T.H.T.K.L, mengatakan, epistaksis atau yang biasa sebut juga mimisan, merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh masyarakat umum, termasuk bagaimana cara mengatasinya.

Arema FC Bersyukur Tidak Jadi Terlempar Dari Liga 1

"Secara definisi mimisan adalah perdarahan yang berasal dari rongga hidung, secara statistik. Dan kejadian epistaksis 90 persen bisa berhenti sendiri dan 10 persen perlu penanganan medis," kata Kihastanto, Jum'at 25 Agustus 2023.

Ia menjelaskan, epistaksis ini sebetulnya bukan suatu penyakit tapi suatu gejala yang menandakan sesuatu kelainan pada tubuh seseorang. Dan kebanyakan, kasus ini dihadapi anak-anak.

529 Daftar jadi PPK Pilkada Jombang 

"Kasus epistaksis paling banyak dialami anak-anak karena ada salah satu faktor idopatik (penyebabnya tidak di ketahui) dan itu monopoli dari usia anak-anak," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk penyebab epistaksis itu di bagi dalam 3 golongan besar yaitu faktor idopatik, faktor lokal dan faktor umum. Untuk menanggulanginya, sambung Kihastanto, juga ada beberapa metode.

Halaman Selanjutnya
img_title