Ditemukan Titik Baru Kebakaran Di Gunung Semeru

Kebakaran di kawasan Gunung Semeru.
Sumber :
  • Dok Balai Besar TNBTS

Malang, VIVA Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengkonfirmasi telah muncul titik api baru kebakaran di kawasan Gunung Bromo. Titik sebelumnya berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan namun kini muncul titik api baru. 

Bekas Super Market di Kota Pasuruan Bakal Disulap Jadi Rest Area Bernuansa Arafah

Api bergerak ke arah barat dari titik sebelumnya di Oro-oro Ombo, kawasan Gunung Semeru, tepatnya di Blok Pusung Tenda, atau mengarah masuk ke wilayah Kabupaten Malang. Hingga saat ini petugas belum bisa memperkirakan luasan kebakaran karena kawasan Ranupani tertutup kabut tebal.

"Titik api bergerak ke arah barat tepatnya di blok Pusung Tenda, lokasi tersebut terjal dan berada di atas bukit, sore ini tim gabungan dari TNBTS, TNI, Polri, MPA, MMP dan masyarakat bergerak ke lokasi tersebut," kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani, Selasa, 22 Agustus 2023. 

Turnamen Catur di Jombang, Klub Catur Pionmas Borong Juara

Septi menuturkan bahwa obyek yang terbakar adalah alang-alang semak belukar, pohon akasia, dan pohon cemara gunung yang ada di sekitar Pusung Tenda. 

Sebelumnya kebakaran terjadi di Tanjakan Cinta, Savana Oro-oro Ombo, Jambangan, Cemoro Kandang, Panggonan Cilik, Ungup-ungup, Endungan Bunder, dan Pusung Keling. Beruntungnya titik api berhasil dipadamkan. Namun petugas dan relawan masih melihat kepulan asap tipis. 

Pemkot Pasuruan Remikan Gedung PLUT-KUMKM Dorong Kemajuan UMKM

"Masih terdapat titik panas berupa kepulan asap tipis, informasi melalui komunikasi HT yang dilaporkan oleh petugas sebagian titik api telah berhasil padam terutama di jalur pendakian (gunung) Semeru," ujar Septi. 

Potensi kebakaran meluas karena titik yang berhasil dipadamkan sebelumnya dikhawatirkan masih ditemukan bara api. Tiupan angin yang membawa bara api diduga menjadi penyebab kebakaran di titik api baru. 

Halaman Selanjutnya
img_title