Fenomena Alam, Buah Pisang di Jombang Bertandan 3

Pisang Berlin bertandan 3, milik Bambang.
Sumber :
  • Elok Apriyanto / Jombang

Jombang, VIVA – Sungguh aneh, fenomena alam yang terjadi di Kabupaten Jombang, sebuah pisang Berlin atau Ulin berbuah tidak pada umumnya.

Nama Moreno Soeprapto dan Rimzah Muncul Dalam Calon Wali Kota Malang dari Gerindra

Sedikitnya ada 3 tandan buah pisang, yang ditanam Bambang (50 tahun), di pekarangan rumahnya di Dusun Sendangrejo, Desa Banjardowo, Kabupaten Jombang. Entah fenomena alam, atau kelainan, sepintas pohon pisang Berlin ini kalau di lihat bentuknya sama seperti pisang pada umumnya.  

Namun, kalau di pandang dengan seksama ada yang berbeda yaitu ada 3 tandan buah pisang yang muncul di pohon pisang Berlin setinggi 2 meter. Bambang menjelaskan, awal mula lahan pekarangan yang ditanaminya pisang itu, tempatnya rimbun banyak rumput ilalang. 

Diganjar Pemuda Inspiratif, Fairouz Huda : 'Saya Persembahkan Untuk Ibu Khofifah dan Mas Emil'

"Dulu muncul ide untuk menanami pohon pisang ini, karena disuruh nanami bapak (mendiang). Beliau menyuruh untuk ditanami pisang," ujarnya, Minggu 23 Juli 2023.

Setelah ditanami pisang, apa saja tidak pernah tumbuh, hingga akhirnya lokasi ini ditanami pohon pisang berlin dan tumbuh hingga sekarang.

Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwascam, Simak Ini Syarat dan Jadwalnya

"Setiap di tanami pisang, seperti jenis ambon mati, pisang susu juga mati, pisang calvendis juga mati dan akhirnya nanam pisang berlin ini bisa berbuah sampai sekarang bertandan 3," katanya.

Bambang juga merasa heran mengapa pisang berlin ini berbuah tidak seperti biasanya yang cuma 1 tandan, tapi ada 3 tandan.

Halaman Selanjutnya
img_title