Ratusan Warga di Pasuruan Bubarkan Pengajian Bertema Khilafah

Warga bubarkan pengajian bertema khilafah di Pasuruan
Sumber :
  • Mochamad Rois / Pasuruan

Pasuruan, VIVA – Warga Dusun Beji Geneng, Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan membubarkan pengajian pada Selasa, 20 Juni 2023 sekira pukul 22.00 WIB malam. Alasan pembubaran karena pengajian ini diduga digelar oleh simpatisan organisasi yang dilarang oleh pemerintah

Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Nasional 2024

Wakapolsek Purwosari, Polres Pasuruan, Iptu Johanes menuturkan bahwa untuk meredam emosi warga, polisi langsung mendatangi lokasi. Mereka dibantu TNI untuk meredam situasi agar tidak terjadi bentrok antara massa pengajian dan warga yang membubarkan. 

"Kami mendapat laporan, kalau ada warga mau membubarkan acara itu, sehingga kami melakukan pengaman, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Johanes, Selasa, 20 Juni 2023. 

Resahkan Warga Kota Malang, Polisi Tangkap Seorang Duda Pelaku Eksibisionis

Pengajian ini berjudul Multaqo Ulama Tapal Kuda, dengan tema utama Khilafah Mengakhiri Hegemoni Dollar Dengan Dinar dan Dirham. Johanes mengaku tidak bisa menjelaskan alasan warga mendesak pembubaran acara pengajian. Dia menyerahkan hal itu pada Polres Pasuruan.

"Untuk alasan kenapa warga setempat minta acara tersebut dibubarkan, monggo (silahkan) tanya ke Polres," ujarnya.

Tahap Dua Rampung, Eks Kadinkes Kota Batu dan Satu Rekanan Segera Diadili

Sementara itu, salah satu warga yang berada di lokasi adalah Ahmad Ulum. Dia menuturkan bahwa pengajian dimulai sekira pukul 20.00 WIB. Beberapa menit kemudian warga Desa Sumbersuko dan beberapa warga desa tetangga datang menggeruduk meminta acara dibubarkan.

Suasana sempat panas dan tegang. Beruntung TNI dan Polisi berhasil menenangkan situasi. Lalu sekira pukul 22.00 WIB seluruh warga dan peserta pengajian berangsur membubarkan diri.

Halaman Selanjutnya
img_title