145 Data Pedagang Masuk, Total Kerugian Kebakaran Malang Plaza Capai Rp56 M

Pemilik sejumlah stan melihat kondisi terkini pasca kebakaran
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Dampak kerugian pedagang akibat kebakaran gedung Malang Plaza di Jalan Agus Salim, Kota Malang ditaksir mencapai Rp56 miliar. Sampai saat ini sudah ada 145 pelapor atau pedagang yang masuk dalam pendataan di posko pengaduan pada Rabu, 3 Mei 2023. 

Primitive Chimpanzee Kembali Gebrak Pentas Musik Malang Lewat Konser Tunggal

Kepala BPBD Kota Malang, Prayitno mengungkapkan nilai kerugian masih bisa bertambah, termasuk jumlah korban kebakaran. Sebab, 145 pelapor belum mencakup pemilik outlet secara keseleruhan. 

Seperti Variety Departemen Store pusat perbelanjaan yang menjual pakaian, sepatu dan seluruh kebutuhan fashion belum melapor ke posko pengaduan. Lalu, bioskop Mandala 21 Cinema juga belum melaporkan kerugiannya ke posko pengaduan. 

Menkop UKM Teten Masduki Puji Kontribusi MCC dalam Geliat Ekraf di Malang

"Kami coba hitung angkanya, kalkulasi sementara dari pelapor yang ada untuk kerugiannya Rp56 miliar. Untuk yang Variety dan 21 Cinema kami belum ketemu. Kami belum verifikasi dari akumulasi kasar yang melapor," kata Prayitno, Rabu, 3 Mei 2023.

Posko pengaduan korban kebakaran Malang Plaza kini berpindah ke depan Malang Plaza. Berdiri di tenda besar bertuliskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Posko ini sebelumnya berada di Lantai 4 Mini Block Office, Balai Kota Malang. 

Ada Desakan Jadi Dirut Tugu Tirta, Samsul Pilih Komitmen di Perumda Tirta Kanjuruhan

Salah satu korban kebakaran adalah Toko Alibaba yang memiliki 7 stan, dimana mayoritas atau 5 stan berada di dalam gedung Malang Plaza. Untuk 2 stan yang berada di luar gedung dinyatakan aman. 

Perwakilan Legal Alibaba, Alexander mengatakan, dari 5 stan yang terbakar total kerugian ditaksir mencapai Rp4 miliar. Sebab, di dalam stan Alibaba terdapat ratusan unit handphone, laptop, peralatan servis, 15 unit sepeda motor listrik, termasuk dua mobil operasional jenis minibus Daihatsu Xenia dan Toyota Calya.

Halaman Selanjutnya
img_title