Petugas Damkar Harus Dapat Pertolongan Medis Saat Berjuang Padamkan Malang Plaza

Petugas PMK mendapat pertolongan medis
Sumber :
  • Dok pemadam kebakaran Kota Malang

Malang – Petugas pemadam kebakaran berusaha keras untuk menjinakan kobaran api di Malang Plaza pada Selasa, 2 Mei 2023. Di tengah perjuangan ini ada kisah heroik yang dialami oleh Anang Yuwono salah satu petugas PMK yang bertugas memadamkan api. 

16 Karang Taruna di Malang Sukses Bangun Potensi Desa Lewat Ramadan Heppiii

Dia merupakan salah satu petugas yang terlibat dalam proses pemadaman di Malang Plaza. Dia mengalami sesak nafas saat berusaha memadamkan titik api di lantai 2 gedung. Akibatnya Anang harus mendapat pertolongan medis dan terpaksa di larikan ke rumah sakit. 

"Memang pemadaman yang cukup sulit dilantai 1 dan 2. Nah yang dilantai 2 ini saya sempat kewalahan karena banyak HP terbakar memunculkan bau yang menyengat. Kondisi perlengkapan pernafasan saya hilang," kata Anang, Selasa, 2 Mei 2023. 

Live Streaming Indonesia U23 vs Australia U23 di RCTI+ dan Vision+

Kebakaran ini terjadi sejak pukul 00.30 WIB Selasa dinihari. Dia merasa sesak nafas dan kolaps hingga akhirnya memilih mundur dan keluar gedung pada pukul 06.30 WIB. 

Sementara proses pemadaman dilakukan hampir 12 jam lebih dengan melibatkan puluhan petugad dan relawan. Kebakaran di Malang Plaza pun berhasil dijinakan pada pukul 13.30 WIB. 

Masyarakat Bakal Gugat Pemkot Batu Usai Adanya Sampah Terkubur di Stadion Brantas

"Saat itu saya kolaps terus mau tidak mau saya harus keluar. Saat itu, saya lagi pegang nosel, terus saya teriak lewat HT dan saya keluar pada sekitar pukul 06.30 WIB," ujar Anang. 

Meski sempat kolaps dan mendapat perawatan intensif tim medis. Anang mengaku tidak mempersoalkannya. Dikatakan Anang, resiko yang dia alami merupakan bagian dari pekerjaannya sebagai petugas pemadam kebakaran

Halaman Selanjutnya
img_title