Gelombang Kedatangan Penumpang Mendominasi di Stasiun Malang

Penumpang di Stasiun Malang
Sumber :
  • Viva Malang

Malang – Gelombang kedatangan penumpang mulai tampak di Stasiun Malang. Pantauan di lokasi lebih banyak penumpang yang datang dibandingkan penumpang yang berangkat pada Kamis, 27 April 2023 siang.

Pipa PDAM Kota Malang Jebol 3 Ribu Sambungan Rumah Terdampak

Data daop 8 Surabaya untuk di Stasiun Malang penumpang yang datang sebanyak 3.915 orang. Sedangkan keberangkatan sebanyak 2.826 penumpang. Mayoritas penumpang yang datang di Kota Malang menggunakan Kereta Api dari Jakarta yakni KA Majapahit, Matarmaja. Disusul dari Jember dan Banyuwangi dengan KA Tawangalun, serta dari Yogyakarta dengan KA Kertanegara.

"Selama masa arus balik, di Daop 8 tidak ada kenaikan yang signifikan terkait jumlah penumpang yang berangkat. Rata - rata penumpang antara 3 ribuan perhari. Berbeda dengan pada masa arus mudik, jumlah tertinggi terjadi pada tanggal 19 hingga 20 April, sebanyak lebih dari 4 ribuan penumpang yang berangkat pada H-3 dan H-2 hari raya Idul Fitri," kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif

16 Karang Taruna di Malang Sukses Bangun Potensi Desa Lewat Ramadan Heppiii

Luqman mengatakan, pada masa arus balik sejak 24 April atau H+1 Lebaran hingga Kamis 27 April atau H+4, jumlah penumpang yang berangkat di Daop 8 sebanyak 76.375 penumpang. Terdiri dari Stasiun Malang berjumlah 12.142 penumpang, 20.719, penumpang naik dari Surabaya Gubeng, dan 20.684 dari Stasiun Surabaya pasarturi. 

Untuk periode yang sama, penumpang yang turun sebanyak 103.539 penumpang, dengan perincian 17.338 penumpang di Stasiun Malang, 35.187 penumpang di Stasiun Gubeng, dan 28.636 penumpang di Stasiun Surabaya Pasarturi. Sisanya, naik dan turun di Stasiun lain yang melayani KA jarak jauh di wilayah Daop 8, seperti Stasiun Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Bangil, dan juga Stasiun Wlingi Kabupaten Blitar.

Live Streaming Indonesia U23 vs Australia U23 di RCTI+ dan Vision+

"Kereta api masih menjadi favorit, dengan berbagai keunggulan, diantaranya ketepatan waktu, lokasi stasiun yang strategis, kenyamanan di stasiun maupun di atas KA. Masyarakat yang akan melakukan perjalanan, dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access ataupun mitra resmi lainnya. Jika tanggal favorit yang diinginkan tidak ada, bisa menggunakan fitur connecting train yang terdapat pada aplikasi, atau memilih tanggal alternatif lain," ujar Luqman. 

Salah satu penumpang Kereta Api Gajayana adalah Anissa. Dia balik pulang ke Jakarta usai berlibur selama 5 hari di Kota Malang. Setelah bersilaturahmi dengan keluarga sekaligus berlibur di wilayah Malang dia pun memutuskan kembali ke Ibu kota.

Halaman Selanjutnya
img_title