Sepanjang Januari hingga April 77 Kejadian Bencana Terjadi di Kota Batu

Salah satu titik longsor di Kota Batu
Sumber :
  • Prokopim Setda Kota Batu

Malang – Pemerintah Kota Batu merilis catatan kejadian bencana di Kota Batu sepanjang Januari hingga 2 April 2023. Total ada 77 kejadian bencana di Kota Wisata Batu pada awal tahun ini. 

Terminal Arjosari Malang Catatkan Peningkatan Penumpang 14 Persen

Rinciannya adalah, 37 kejadian bencana terjadi di Kecamatan Bumiaji, 32 kejadian di Kecamatan Batu, dan 8 kejadian di Kecamatan Junrejo. Dari total 77 kejadian tersebut, 55,8 persen didominasi oleh kejadian bencana tanah longsor.

Sementara dari 23 titik lokasi longsor kategori berat, Pemkot Batu telah melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi penanganan di 9 lokasi hingga tuntas 100 persen. Selain itu ada 3 lokasi yang sudah masuk tahap finishing, 1 lokasi masih mencapai 50 persen, dan 2 lokasi masih on progress sekitar 20 hingga 30 persen. 

Perkuat Langkah Bantu UMKM, Mebiso Kolaborasi dengan SMESCO Indonesia

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai melakukan peninjauan progress penanganan bencana di beberapa titik lokasi. Diantaranya di Desa Punten dan di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji pada Rabu, 5 April 2023. Aries memberi apresiasi terhadap pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan yang terdampak bencana, yang kini sudah mencapai 47,8 persen. 

"Perlu untuk melakukan intervensi yang tepat sehingga penanganan menjadi lebih cepat," kata Aries. 

3 Tempat yang Disidak Mamin Pj Bupati, Ternyata Sudah Dihubungi Dinas Ketahanan Pangan Jombang

Aries juga mengapresiasi keterlibatan masyarakat dalam proses rehabilitasi tersebut. Sebab, bantuan tenaga dari masyarakat turut mempercepat proses penyelesaiannya.

"Saya menyampaikan terimakasih kepada seluruh elemen yang terlibat, termasuk masyarakat dengan gotong-royong saling membantu untuk meringankan beban sesama. Keterlibatan masyarakat yang sangat luar biasa, gotong royong yang masih terus dipertahankan," ujar Aries.

Halaman Selanjutnya
img_title