Diterjang Tanah Longsor, Jalur Malang-Kediri dan Malang-Blitar Ditutup Total

Jalur Malang - Kediri ditutup total karena longsor
Sumber :
  • BPBD Kabupaten Malang

Malang – Hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terkahir membuat beberapa daerah di Kabupaten Malang longsor. Salah satu titik longsor, ada di jalur penghubung Malang dan Kediri di Sukomulyo, Pujon, Kabupaten Malang. Jalan provinsi ini ditutup total sejak pukul 17.25 petang kemarin hingga saat ini. 

Upaya Perlindungan Anak di Kota Pasuruan Mendapat Apresiasi Tim Kunjungan UNICEF

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, imbas dari longsor jalur penghubung dua daerah ini harus ditutup total. Karena, jalan utama tertutup matrial longsoran berupa lumpur dan bebatuan. 

"Hujan terjadi beberapa hari di wilayah Pujon, mengakibatkan longsor sususlan di kawasan jalur Provinsi, Malang-Kediri. Akses jalan tertutup total material longsor susulan,” kata Sadono, Senin, 1 Maret 2023. 

Mantan Ketua DPRD Jombang Kritik Rencana Pembelian Mobdin Untuk Pimpinan Baru

Sadono menuturkan, untuk di Sukomulyo, Pujon, Kabupaten Malang warga yang akan melintas dari Malang menuju Kediri atau sebaliknya diminta untuk putar balik. Larangan melintas demi keselamatan pengguna jalan karena matrial longsoran masih belum bisa dibersihakan karena kondisi hujan dan kontur tanah pada tebing dikawasan tersebut masih labil.

Titik longsor kedua ada di daerah Dusun Mboyak, Desa Mulyorejo, Ngantang, Kabupaten Malang. Longsor terjadi sekira pukul 19.00 WIB Selasa, 28 Februari 2023 malam. Daerah ini merupakan Kecamatan yang juga berbatasan dengan Kediri dan Blitar

Sopir Angkot hingga Ojol di Kota Batu Sumringah Usai Dapat Bantuan dari Pemkot

"Akses jalan juga tertutup material longsor. Kami terus melakukan kordinasi dengan perangkat maupun intansi terkait," tutur Sadono.

Selain di dua lokasi itu, jalan penghubung Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar juga terputus akibat longsor. Lokasinya ada di Desa Sidodadi, Ngantang, Kabupaten Malang. Longsor terjadi pada pukul 20.30 WIB. Warga dilarang melintas demi keselamatan karena masih rawan terjadi longsor susulan. 

Halaman Selanjutnya
img_title