Waspada Cuaca Ekstrem Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dok Kemenhub

Malang – BMKG memprediksi potensi cuaca ekstrem saat akhir tahun 2022 ini. Di mana hal itu bersamaan dengan masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru.

KONI Beri Dukungan Penuh Untuk Siwo PWI Malang Raya di Ajang HUT Kota Malang ke 110

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meminta masyarakat waspada adanya potensi ini. Mereka telah berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai polisi, BMKG, Kementerian PUPR, Jasa Marga, dan otoriras terkait lainnya. Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kepadatan, dan menanggulangi risiko banjir.

“Kami telah berkoordinasi dengan BMKG dan BNPB untuk mengantisipasi potensi cuaca yang tidak bersahabat. Pada tahun 2020, kita ada suatu masalah banjir di jalur tol. Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada adanya resiko banjir,” kata Budi dikutip dari VIVA.co.id saat melakukan pemantauan jalur tol Jakarta – Cikampek, Jumat, 23 Desember 2022.

Diajak Nonton Bokep Bareng, 2 Pelajar SD di Jombang Dicabuli Saudaranya

Menurutnya, untuk menanggulangi cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan risiko banjir di jalan tol. Upaya yang dilakukan yaitu membuat gorong-gorong di jalan tol dan melakukan rekayasa pembuatan hujan.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas, telah disiapkan pemberlakuan manajemen rekayasa lalu lintas seperti one way atau contra flow.

Tumbang di Tangan Indonesia U23, Pelatih Australia U23 Akui Garuda Muda Buat Pemainnya Frustasi

“Korlantas Polri memiliki kewenangan untuk menerapkan rekayasa lalu lintas di lapangan, namun saya minta rekan-rekan kepolisian dalam menerapkan rekayasa lalin juga memperhatikan dampak yang akan terjadi di cabang-cabang jalan lainnya dan juga jalur di arah balik,” ujar Budi. 

Dia mengatakan, jalur Tol Jakarta, Cikampek hingga Semarang, menjadi salah satu titik krusial terjadinya kepadatan di masa libur Natal dan Tahun Baru.

Halaman Selanjutnya
img_title