Tambah 3 Wilayah, Indonesia Kini Punya 37 Provinsi

Mendagri, Tito karnavian
Sumber :
  • istimewa

Malang – Indonesia memiliki tiga wilayah baru, yakni Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan. Sehingga, saat ini, totalnya ada 37 provinsi. 

Gathering Sinergi Bisnis Kadin dan Bank Jatim, Jalan Awal Bangun Perekonomian Kota Batu

Untuk itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik tiga penjabat sementara di Kantor kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat 11 November 2022. 

“Hari ini kita melaksanakan peresmian tiga provinsi baru di Papua, bertambah dari 34 provinsi menjadi 37 provinsi, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan,” kata Tito.

Bawaslu Klaim Masyarakat Kota BatuKurang Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu

Pelantikan penjabat gubernur daerah otonomi baru papua itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari Revisi undang-Undang Otonomi Khusus Papua Nomor 2 Tahun 2021. 

“Kita melaksanakan kegiatan hari ini dalam rangka menunjukkan dan sebagai bukti provinsi tersebut secaea de facto sudah bisa berjalan dan bergerak,” jelas dia.

PT Selecta Gelar RUPS, Catatkan Kenaikan Deviden

Ada tiga Penjabat yang dilantik oleh Tito Karnavian, yaitu Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo; Pj Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo; dan Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk.

Pada kesempatan tersebut, Tito menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) Pemilu setelah tiga daerah otonomi baru (DOB) Papua diresmikan, Jumat, 11 November 2022, di Lapangan Plaza Kantor Pusat Kemendagri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Menurut Tito, Perppu tersebut penting karena UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu tidak mengakomodir pelaksanaan pemilu di tiga DOB Papua tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title