Profesor UMM Juara Inovasi Nasional Berkat Probiotik Ternak

Profesor Indah Prihartini raih penghargaan berkat Probiotik Ternak.
Sumber :
  • Dok humas UMM

Malang, VIVA – Profesor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Indah Prihartini meraih penghargaan dari Indo Livestock Research And Innovation Award 2024. Dia meraih penghargaan kategori Sapi Perah di Jakarta Convention Center pada 17 Juli 2024 lalu. 

Bhineka Tunggal Ika, Karapan Sapi hingga Tokoh 5 Agama Meriahkan Karnaval HUT RI di Muharto Malang

Prestasi ini didapat berkat produk menarik hasil penelitiannya yakni Probiotik Ternak Plus. Guru Besar Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) UMM itu berhasil menggeser ratusan produk-produk lain yang diajukan dalam ajang tersebut.

Produk ini telah dikembangkan sejak 2004 silam atau 20 tahun lalu. Pada awalnya probiotik itu berfokus untuk meningkatkan pencernaan pangan dan optimalisasi serapan nutrisi oleh ternak sapi. Akan tetapi, setelah digunakan lebih lanjut, terdapat berbagai manfaat lain yang muncul.

Gambaran Koalisi Mulai Terbentuk, Diprediksi Ada 3 Poros Kuat

Seiring berjalannya waktu produk Probiotik Ternak Plus itu sudah dirasakan manfaatnya oleh para peternak sapi yang cakupannya lebih dari 50 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

“Saya kan sudah lebih dari 20 tahun mengembangkan produk biofarm, salah satunya probiotik ternak plus ini. Manfaatnya ternyata melampaui ekspektasi saya. Awalnya memang untuk meningkatkan daya serap nutrisi pada sapi tapi ternyata juga dapat mengurangi residu pada susu sapi, mengendalikan kesehatan, dan mengandung banyak nutrisi untuk ternak. Bahkan saat ada wabah penyakti dan mulut (PMMK) beberapa waktu lalu, produk ini juga digunakan untuk pengobatan,” kata Indah, Selasa, 23 Juli 2024. 

Daftar Prodi Teknik Elektronika Vokasi UMM, Pilihan Tepat Jadi Profesional Sejak Awal Kuliah

Lebih lanjut, dia mengungkap bahwa probiotik itu sangat efektif untuk penyembuhan sapi ketika terkena PMK (penyakit mulut dan kuku). Melalui pengamatannya, ia menemukan bahwa sapi potong hanya perlu waktu tiga hari sedangkan sapi perah membutuhkan waktu tujuh hari untuk membaik. 

Proses pengobatannya juga cukup mudah, yakni dengan menyemprotkan probiotik pada area yang terinfeksi penyakit PMK serta rutin mencekokkannya.

Halaman Selanjutnya
img_title